Beranda Smartphone Awal Tahun Oppo Hadirkan Pengalaman Video Terbaik Melalui Reno5

Awal Tahun Oppo Hadirkan Pengalaman Video Terbaik Melalui Reno5

-

Jakarta, Selular.ID – Era 5G akan menjadi generasi konten bergerak dan pengalaman merekam video melalui smartphone akan menjadi faktor penting bagi konsumen di tahun-tahun mendatang. Untuk itu Oppo menghadirkan Reno5 yang membawa sistem baru yang dinamai Oppo Full Dimension Fusion (FDF) Portrait Video System.

Sistem Video Potret Oppo FDF terdiri dari dua mesin, yakni mesin peningkatan kualitas dan mesin persepsi potret. Dari keduanya, peran mesin peningkatan kualitas memastikan pengguna dapat menangkap gambar yang jelas dalam skenario apa pun, baik itu siang, malam, dalam cahaya latar yang kuat, saat bergerak atau saat berdiri diam. Sementara itu, mesin persepsi potret bertanggung jawab untuk menetapkan kriteria yang ketat untuk fitur-fitur dalam video potret.

Kriteria ini memastikan subjek potret dan latar belakang didefinisikan secara jelas dan alami, sekaligus memberikan dasar dari berbagai efek video potret pada seri OPPO Reno5 dapat diterapkan secara optimal.

Baca juga: Intip Tanggal Peluncuran dan Fitur Kunci Oppo Reno5

Yang menarik dari kemampuan daya bidik dari Reno5 itu memiliki AI Highlight Video yang menggabungkan algoritma Ultra Night Video dan algoritma Live HDR. Dengan mendeteksi level cahaya dalam sebuah skenario, perangkat ini secara cerdas akan menerapkan algoritma secara otomatis guna menyesuaikan kecerahan, warna, dan kejernihan agar optimal pada video.

Inilah pertama kalinya Oppo menyatukan Ultra Night Video dan Live HDR dalam satu fitur, yang tersedia pada kamera depan dan belakang seri OPPO Reno5. Sementara itu  AI Highlight Video bekerja dengan mengintegrasikan tiga algoritma pengoptimalan yaitu Adaptive Brightness Adjustment untuk menerapkan eksposur otomatis (AE),  Adaptive Dynamic Range menerapkan penyesuaian rentang dinamis ke setiap bingkai dalam video dengan teknologi Dynamic Range Conversion dan Fimic Tone Mapping, kemudian Adaptive Noise Reduction yang memperkenalkan inter-frame fusion untuk mengurangi noise temporal dan intra-frame fusion untuk meredam noise spasial, yang secara efektif dapat menghilangkan noise pada gambar tanpa menghilangkan detail.

Melalui pengujian performa AI Highlight Video ini menunjukkan bahwa video malam hari 74,4% tampak lebih cerah dan 33,7% lebih jelas dibandingkan ketika fitur dinonaktifkan. AI Highlight Video pada seri OPPO Reno5 hanya membutuhkan waktu 20 milidetik untuk menyelesaikan rangkaian kalkulasi dan penyesuaian yang terbilang rumit, sehingga menghadirkan pengalaman pengguna yang mulus. Selain itu, fitur ini membutuhkan daya 40% lebih sedikit dibanding pendahulunya.

Baca juga: 11 Smartphone Vivo dengan Kamera Selfie Terbaik Hingga 44MP

“ketika mengembangkan algoritma video kami benar-benar fokus pada bagaimana dapat menerapkan algoritma ini dengan sangat sederhana dan dalam presentasi yang baru saja saya buat untuk fungsi baru seperti sorotan AI kami telah melakukan pengoptimalan untuk konsumsi daya, memastikan bahwa pengguna tidak akan terpengaruh oleh kenaikan suhu ponsel dan kami dapat memenuhi permintaan pengguna yang sangat mendasar ini dengan menggunakan inovasi berbeda yang kami hadirkan,” kata Owen Tian, Reno Series Imaging Product Manager dalam acara Oppo Imaging Workshop.

Tak dipungkiri selama bertahun-tahun Oppo  selalu mencurahkan sumber daya secara signifikan untuk mengembangkan teknologi pencitraan terbaik pada perangkat ponsel cerdas terutama untuk kemampuan foto dan video. Untuk produk Oppo Reno5 sendiri direncanakan akan rilis untuk pasar Indonesia, pada Kamis, 17 Januari 2021.

Sekedar informasi untuk menguatkan inovasi pencitraan pada produk Oppo, secara global perusahaan teknologi yang berbasis di China ini memiliki 5 (lima) Tim Litbang Pencitraan yang berada di Yokohama, Silicon Valley, Shanghai, Shenzhen, dan Chengdu, yang bekerja untuk menemukan solusi pencitraan terbaru.

Berdasarkan sumber daya yang luas ini, Oppo telah membuat beberapa pencapaian yang sangat signifikan di industri. Pada September 2020, perusahaan telah mengajukan 7.300 paten terkait pencitraan di seluruh dunia, sebanyak 2.350 di antaranya telah diberikan.

Oppo juga memenangkan penghargaan pada CVPR Awards tahun 2020, OPPO menempati posisi pertama dalam ‘Perceptual Extreme Super-Resolution challenge’ dan ‘Visual localization for handheld devices challenge’, serta posisi ketiga untuk ’Activity detection in extended videos’ di masa depan, OPPO akan melanjutkan eksplorasi dan penelitiannya yang berdedikasi ke dalam teknologi pencitraan, menghadirkan inovasi ke dalam kamera ponsel cerdas dan memberikan pengguna pengalaman video yang lebih mudah dan unggul di era 5G.

 

Artikel Terbaru