Beranda Editor's Choice Editor's Choice 2020 Selular Editor’s Choice 2020: Best Camera Smartphone

Selular Editor’s Choice 2020: Best Camera Smartphone

-

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan untuk mendapat fotografi terbaik dari sebuah smartphone semakin diminati. Tak heran jika banyak vendor yang menghadirkan smartphone dengan kamera terbaik, seperti yang akan diulas dalam Selular Editor’s Choice 2020: Best Camera Smartphone.

Sepanjang Januari hingga November di 2020, Selular mencatat beragam vendor sudah melakukan inovasi dalam konfigurasi kamera smartphone mereka masing-masing. Dimulai dari Oppo, Huawei, Vivo, Realme, hingga Samsung yang turut ambil andil.

Berbagai teknologi disematkan dalam kamera smartphone saat ini. Mulai dari resolusi besar, jumlah lensa kamera, sensor yang digunakan, teknologi AI dan banyak lagi.

Kali ini, Selular akan mengulas 5 smartphone yang memiliki peluang sebagai Best Camera Smartphone Selular Editor’s Choice 2020, yakni:

  1. Huawei P40 Pro+
  2. Oppo Reno4
  3. Realme X3 SuperZoom
  4. Samsung Galaxy S20 Ultra
  5. Vivo X50 Pro

Huawei P40 Pro+

Menjadi salah satu nominasi Best Camera Smartphone, Huawei Seri P sendiri memiliki ciri khas pada fitur. Huawei P40 Pro+ sendiri cukup diminati berkat keberadaan Ultra Vision Leica Penta Camera.

Kamera utama menawarkan sudut yang lebih luas sehingga banyak hal dapat ditangkap dalam pengambilan gambar, serta dua lensa zoom yang membuat objek di lokasi yang jauh dapat tampak lebih dekat.

Kamera 50MP dengan sensor SuperSensing ini memiliki teknologi RYYB, sama seperti P30 Pro, dan juga sensor CMOS berukuran 1/1.28in yang jauh lebih besar dari kamera lainnya.

Hal tersebut menjadi tanda bahwa hasil gambar akan maksimal. Selain itu penyatuan 4-in-1 pixel juga semakin mendukung kualitas gambar yang diambil.

Pro+ juga menawarkan 40MP lensa ultrawide. Kamera dengan resolusi yang lebih besar menawarkan cine lens yang dapat mendukung untuk pembuatan video hingga kualitas 4K.

Selain itu untuk elemen zoom, P40 Pro+ memiliki lensa zoom optikal dengan 10x zoom. P40 Pro+ juga dilengkapi dengan sensor kedalaman Time-of-Flight, yang dapat mengambil informasi dari jarak jauh yang dapat digunakan oleh perangkat lunak dalam lapisan-lapisan yang membantu menciptakan latar belakang samar (bokeh) dalam mode portrait.

Baca juga: Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartphone di Harga Rp4-6 Juta

Oppo Reno4

best camera smartphone

Secara fisik, Reno4 menawarkan bodi lebih tipis 0,15mm dari pendahulunya. Dengan membawa layar AMOLED 6,4 inci, Oppo memilih perlindungan Corning Gorilla Glass 3 di bagian depan serta Corning Gorilla Glass 5 pada bodi belakang.

Layarnya mengusung Dual-punch Hole berupa 32MP kamera depan dan sebuah AON Smart Sensor. Ini merupakan teknologi baru yang diperkenalkan Oppo.

Untuk mendukung kemampuan fotografi, Reno4 hadir dengan serangkaian fitur kamera kreatif yang membawa pengalaman portrait photography dan pembuatan video ke tingkatan lebih tinggi. Seri Reno4 menjadi sebuah peranti untuk mengekspresikan gaya unik dengan mudah, memamerkan “Clearly the Best You” dan menghasilkan potret berkilau dengan jelas di setiap bidikan. Bahkan perangkat Reno4 dapat digunakan untuk merekam video blog (vlog) perjalanan ke YouTube, membuat video pendek TikTok, atau sekadar menangkap momen spesial bersama teman dan keluarga.

Oppo Reno4 membawa konfigurasi 4 kamera di bagian belakang. Keempat lensa itu tampil vertikal berlapis bingkai persegi, yang sudah mengadopsi desain masa kini. Itu tersusun atas 48MP kamera utama, 8MP lensa ultra-wide, 2MP lensa makro, dan 2MP lensa mono.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Reno4 membawa fitur baru di jajaran seri Reno. Dimulai dengan fitur AI Color Potrait serta Monochrome Video yang mampu memisahkan objek manusia dengan background yang tampil B&W. Lalu, fitur Night Flare Portrait yang menghasilkan efek neon nan artistik pada bagian background (latar belakang) objek foto orang.

Kemudian diikuti dengan fitur canggih untuk kebutuhan konten video, yakni 960fps Slow-Motion, serta Ultra Steady Video 3.0. Menariknya, pada perangkat Reno4, Mode Ultra Steady akan melakukan debut pada kamera depan untuk pertama kalinya. Kamera depan Reno4 dilengkapi dengan algoritma Electronic Image Stabilization.

Sedangkan, Ultra Steady Video 3.0 menggunakan stabilisasi gambar yang disempurnakan guna mempermudah pengguna untuk menangkap video yang stabil dari sebuah aktivitas berintensitas tinggi. Perangkat ini juga dilengkapi Video Ultra Steady dan Ultra Steady Video Pro yang memungkinkan pengguna merekam video lebih stabil pada saat berjalan, berlari, atau bersepeda.

Realme X3 SuperZoom

Realme X3 SuperZoom tiba dengan konfigurasi Quad Camera berkekuatan 8MP 5x periscope telephoto lens, 2MP macro lens, 64MP main camera, dan 8MP 119° ultra wide-angle.

Keberadaan lensa Ultra-wide memungkinkan untuk mengambil foto dengan objek lebih luas. Khusus, lensa periskop 8 Megapiksel mampu mendukung smooth zoom dari 0.5X ke 60X hybrid zoom. Ini sangat membantu ketika ingin mengambil objek dengan jarak yang cukup jauh.

Kemampuan kamera juga diperkuat dengan fitur pendukung, seperti Ultra Night Mode dan Starry Mode. Ultra Nightscape mendukung potret adegan malam lebih nyata.

Tersedia juga mode Optical Image Stabilization (OIS) yang akan meredam guncangan Ketika memotret. Di bagian depan, kamera Dual In Display mampu mendukung foto ‘Wefie’ dengan perpaduan lensa 32 Megapiksel dan 8 Megapiksel wide-angle camera. Kamera depan dipasangkan Edge Deformity Correction yang dapat mengenali wajah dan secara otomatis mengoptimalkan kontur wajah ketika Anda memotret di tepi foto.

Samsung Galaxy S20 Ultra

Nominasi best camera smartphone

Untuk sektor kamera, Samsung Galaxy S20 ultra ini memiliki 4 kamera belakang dengan konfigurasi 108MP wide angle, 48MP telephoto, 12MP ultra wide yang terkumpul dalam satu kotak yang menonjol di bagian belakang ponsel.

Fitur kamera di perangkat ini sudah didukung dengan OIS (Optical image stabilizer) yang bisa memudahkan kita untuk mengambil gambar serta video dengan stabil.

Kamera di Galaxy S20 Ultra ini juga sudah sudah menggunakan 4x optical zoom dan 10x hybrid zoom. Kemampuan zooming smartphone ini berguna untuk menangkap objek yang sulit dijangkau.Perangkat ini juga memiliki kemampuan 100x zoom.

Selain untuk fotografi, Galaxy S20 Ultra menawarkan fitur-fitur yang mengakomodir segala kebutuhan dalam proses pembuatan video. Memiliki sensor kamera yang mumpuni membuat ponsel masa kini layak dijadikan sebagai perangkat rekam video.

Galaxy S20 Ultra kameranya mampu merekam video hingga resolusi 8K, sehingga setiap detail dapat terekam dengan jelas.

Vivo X50  Pro

Nominasi Best camera smartphone

Vivo X50 Pro menjadi smartphone pertama yang mengadopsi sistem gimbal stabilization. Teknologi itu akan menjadikan gambar atau video menjadi lebih stabil yang mampu bergerak secara bebas. Vivo menanamkannya pada lensa utama 48 Megapiksel dengan bukaan f1.6.

Baca juga: Selular Editor’s Choice 2020: Most Valuable Smartphone

Vivo juga menambahkan tiga kamera lainnya, 13 Megapiksel kamera potrait, 8 Megapiksel super wide angle, dan 8 Megapiksel lensa periskop dengan kemampuan 5x optical Zoom. Perpaduan kamera tadi juga bisa menghasilkan sampai 60 kali Hyper Zoom. Melengkapi fitur kameranya, X50 Pro juga didukung dengan fitur Extreme Night Vision.

Fitur itu memungkinkan untuk memotret dalam keadaan minim cahaya dengan adanya algoritma AI Noise Reduction yang memungkinkan pengguna menghasilkan video maupun foto dengan kualitas lebih stabil, meski merekamnya di malam hari.

Selular Editor’s Choice 2020: Best Camera Smartphone

 

best camera smartphone

Kombinasi antara fitur dengan keempat sensor kamera Oppo Reno4 mampu memberikan hasil terbaik yang layak menyandang predikat sebagai Best Camera Smartphone di Selular Editor’s Choice 2020

Simak video berikut ini:

Artikel Terbaru