Beranda Editor's Choice Editor's Choice 2020 Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartphone di Harga Rp4-6 Juta

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartphone di Harga Rp4-6 Juta

-

Jakarta, Selular.ID – Sepanjang 2020, cukup banyak vendor yang merilis smartphone kelas menengah, misalnya smartphone di rentang harga Rp4-6 juta. Jajaran ponsel pintar itu pun terbilang mumpuni, bahkan tak jarang yang membawa inovasi teknologi terbaru.

Terhitung sejak Januari sampai November 2020, mulai Realme, Oppo, Vivo, Samsung hingga Xiaomi turut merilis perangkat di harga tersebut. Menariknya, para vendor smartphone itu berusaha berinovasi dengan perangkat mereka.

Kali ini, Redaksi Selular akan mengulas mengenai smartphone terbaik dengan harga berkisar Rp4-6 juta. Menurut pantauan Selular, setidaknya ada lima smartphone yang masuk dalam nominasi Selular Editor’s Choice: Best Smartphone di Harga Rp4-6 Juta, seperti berikut ini:

  1. Realme 7 Pro
  2. Oppo Reno4
  3. Vivo V20
  4. Samsung Galaxy M51
  5. Xiaomi Mi Note 10

Realme 7 Pro

Best Smartphone di Harga Rp4-6 juta

Masuk dalam nominasi best smartphone di harga Rp4-6 juta, Realme 7 Pro dibandrol seharga Rp4.999.000. Mengungguli fast charging 65W, ponsel pintar itu diklaim dapat mengisi daya sampai 100% hanya dalam waktu 34 menit.

Kapasitas baterainya juga sudah cukup besar, senilai 4500mAh. Untuk urusan performa, Realme 7 Pro mengandalkan chip pintar Snapdragon 720G milik Qualcomm. Performanya diklaim meningkat sebanyak 10% dalam kinerja CPU serta 75% pada GPU serta tampilan grafis dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Beranjak dari itu, desain Realme 7 Pro tak jauh berbeda dengan versi regular yang juga terinspirasi dari kaca yang memberikan sedikit pantulan holografik. Layarnya sendiri sudah Super AMOLED Display 6,4 inci dengan in-display Fingerprint dan In-display Selfie Camera.

Kamera depan beresolusi tertinggi 32MP hadir dengan AI beautification, dan sensor Sony IMX682 kembali disematkan ke kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64MP, 8MP lensa sudut ultra-lebar 119°, serta lensa makro dan lensa potret B&W masing-masing 2MP. realme 7 Pro juga memiliki tiga filter malam paling populer di dalamnya, Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold.

Menariknya, realme kembali menghadirkan NFC di seri Pro yang diminati oleh para realme Fans dan hanya hadir untuk pasar Indonesia. Fitur ini disematkan lantaran banyaknya peminat NFC di Tanah Air. Teknologi ini sangat membantu untuk bertransaksi secara digital, terutama untuk mengisi saldo uang elektronik. Realme 7 Pro tersedia dalam dua opsi warna, yakni Mirror Blue dan Mirror Silver.

Baca juga: Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartwatch

Oppo Reno4

Best Smartphone di Harga Rp4-6 juta

Oppo Reno4 dijual dengan harga Rp4.999 juta. Di Indonesia, perangkat itu tersedia dalam 2 pilihan warna, yakni Space Black dan Galactic Blue.

Secara fisik, Oppo Reno4 menawarkan bodi lebih tipis 0,15mm dari pendahulunya. Dengan membawa layar AMOLED 6,4 inci, Oppo memilih perlindungan Corning Gorilla Glass 3 di bagian depan serta Corning Gorilla Glass 5 pada bodi belakang.

Layarnya mengusung Dual-punch Hole berupa 32MP kamera depan dan sebuah AON Smart Sensor. Sensor itu memiliki Smart Always-On agar menjaga layar tetap menyala serta smart spying prevention yang mencegah orang lain mengintip notifikasi, dan juga smart air control yang mendukung kontrol smartphone tanpa menyentuhnya.

Di departemen kamera, Oppo Reno4 menambahkan konfigurasi 4 kamera di bagian belakang. Desain 4 lensa itu tampil vertikal berlapis bingkai persegi, mengadopsi desain masa kini. Itu tersusun atas 48MP kamera utama, 8MP lensa ultra-wide, 2MP lensa makro, dan 2MP lensa mono.

Oppo juga menambahkan fitur pendukung, meliputi fitur AI Color Potrait serta Monochrome Video yang mampu memisahkan objek manusia dengan background yang tampil B&W. Tersedia juga fitur 960fps Slow-Motion, Night Flare, serta Ultra Steady Video 3.0.

Soal performa, Reno4 mengandalkan prosesor Snapdragon 720G dengan kecepatan clock mencapai 2,3 GHz. Prosesor Qualcomm Snapdragon 720G SoC dibuat dengan proses fabrikasi 8nm dan Low Power DDR4X Semiconductor.

Kinerjanya dilengkapi dengan RAM LPDDR4X sebesar 8GB dan memori internal 128GB. Reno4 menyediakan slot Micro SD untuk menambah penyimpanan hingga 256GB. Ditambah dengan baterai 4015mAh yang mendukung 30W VOOC 4.0. Berbekal teknologi pengisian cepat, Reno4 diklaim dapat mengisi penuh baterai hanya sekitar 57 menit. Perangkat premium Oppo ini juga menjadi yang pertama menjalankan ColorOS 7.2 yang berbasis Android 10.

Vivo V20

Best Smartphone di Harga Rp4-6 juta

Meluncur pada September lalu, Vivo V20 dipasarkan dengan harga Rp4.999.000 di Indonesia. Perangkat yang mengutamakan sektor fotografi ini tiba dengan kamera depan beresolusi 44MP yang membawa dua fitur unggulan, yaitu 44MP Eye Tracking dan 44MP Autofocus.

Modul 44MP Eye Tracking secara otomatis mampu mengenali bagian mata dan wajah meskipun konsumen bergerak ke segala arah untuk mendapatkan hasil foto dan video lebih jernih dan tetap fokus, sedangkan 44MP Autofocus mampu menghasilkan foto atau video yang lebih jelas dan tajam dari jarak yang dekat maupun jauh.

Vivo V20 juga membawa konfigurasi Quad Camera yang tersusun atas 64MP Main Camera, 8MP Multimode Camera (Super Wide-Angle/ Super Macro/ Depth Camera) dan 2MP Mono Camera. Melengkapi kemampuan fotografinya, Vivo menambahkan sederet fitur pendukung, di antaranya Super Night Mode, Motion Autofocus dengan Smart Zoom memungkinkan konsumen mendeteksi dan menangkap objek yang sedang bergerak (object autofocus), Memory Recaller, Dual-View Video (tersedia untuk kamera depan dan belakang), Art Portrait Video dan Dynamic Sky.

Untuk kebutuhan visual, V20 menyajikan panel AMOLED seluas 6,44 inci dengan resolusi FHD+. Bodi belakangnya mengadopsi finishing matte coating yang terbuat dari desain 2.5D Glass, menjadikan perangkat hanya berbobot 171 gram.

Selain itu, Vivo V20 dilengkapi dengan teknologi yang hadir pertama kalinya di V-Series, berupa NFC Multifunctions yang dapat digunakan untuk transfer data, mengecek dan top-up uang elektronik hingga duplikat fungsi kartu akses di smartphone ini. Kemampuan 33W FlashCharge dengan kapasitas baterai 4000 mAh yang mampu mengisi daya hingga 65-66% hanya dalam 30 menit.

Dapur pacunya ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 720G yang akan memberikan konsumen pengalaman menyenangkan dengan dukungan memori dan kapasitas internal yang besar 8GB RAM dan 128GB ROM. Di Indonesia, perangkat ini tiba dalam 2 varian warna, yaitu Midnight Jazz dan Sunset Melody.

Samsung Galaxy M51

Samsung Galaxy M51 tersedia dalam dua pilihan warna yaitu black dan white yang dijual seharga Rp5.499.000.

Sesuai DNA M Series, Samsung Galaxy M51 juga mengusung baterai super besar 7.000mAh. Tanpa harus mengisi ulang baterai, ponsel bisa menemani streaming film selama 34 jam nonstop. Untuk yang hobi mendengarkan musik kamu bisa menikmati musik favorit hingga 182 jam, atau bisa teleponan hingga 64 jam tanpa perlu mencari colokan.

Soal performa, ponsel hadir dengan dukungan prosesor Octa-Core Snapdragon 730G dengan memori 8/ 128GB jadi pengguna nggak perlu khawatir mengalami lag ketika bermain game dengan tampilan grafis yang tinggi.

Semakin nyaman untuk bermain game atau menikmati streaming film favorit karena Galaxy M51 hadir dengan layar Super AMOLED Plus 6,7 inci dan speaker berteknologi Dolby Atmos.

Samsung Galaxy M51 juga hadir dengan teknologi Quad Camera yang terdiri dari kamera utama 64MP, kamera Ultrawide 12MP, kamera Depth 5MP, kamera Macro 5MP yang serba guna untuk memenuhi segala kebutuhan pengguna.

Terlebih lagi, dengan kamera selfie 32MP, dijamin tampilan kalian saat video call makin jernih dan selfie makin mempesona.

Xiaomi Mi Note 10

Kehadiran Xiaomi Mi Note 10 di Indonesia resmi diumumkan pada Februari lalu. Harga Mi Note 10 saat ini menyentuh Rp6 juta, lebih murah dibandingkan dengan harga pada awal peluncuran. Mi Note 10 sendiri mengusung kombinasi RAM 6/128 GB dipadukan dengan prosesor Snapdragon 730G.

Seperti Mi Note 10 Pro, versi regular juga membawa lima buah kamera belakang. Kelima kamera ini tersusun atas kamera utama 108MP, kamera telephoto 5MP, kamera portrait 12MP, kamera ultrawide 20MP, dan kamera makro 2MP. Sementara, kamera depannya beresolusi 32MP berupa notch pada sisi atas layar.

Baca juga: Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartphone for Education

Layarnya sendiri sudah AMOLED FHD+ 6,47 inci yang dilapisi Gorilla Glass 5. Untuk spesifikasi lainnya, memuat baterai berkapasitas 5.260mAh dengan fitur fast charging 30 watt, dan port USB type C, serta menjalankan Android 9 berlapis MIUI 11.

Di Indonesia, perangkat tiba dalam tiga varian warna, yaitu Aurora Green, Glacier White dan Midnight Black.

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartphone di Harga Rp4-6 Juta

 

Best Smartphone di Harga Rp4-6 juta

Vivo V20 mampu memberikan penawaran terbaik untuk smartphone di rentang harga Rp4-6 juta, apalagi berkat keberadaan inovasi 44MP Eye AutoFocus membuatnya layak menyandang predikat ini

Simak video berikut ini:

Artikel Terbaru