spot_img
BerandaNewsTelcoPemerintah Dorong Operator Untuk Terus Konsolidasi

Pemerintah Dorong Operator Untuk Terus Konsolidasi

-

Jakarta, Selular.ID – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Ahmad M. Raml, menyebut jika jumlah operator telekomunikasi di Indoniesa terlalu banyak, sehingga perlu diperkecil melalui konsolidasi.

“Menurut saya terlalu banyak, jadi saya mendorong operator untuk terus konsolidasi dan seterusnya, agar jumlah pemain semakin sedikit tetapi kuat,” ungkap Ramli, dalam acara Selular Digital Telco Outlook 2021, Selasa (15/12).

Kemudian yang tidak kalah penting adanya transformasi, agar mampu bersaing dengan baik, “bersaingnya itu tidak lagi antar perusahaan domestik, kedepan kita akan berhadapan dengan platform penyedia aplikasi yang luar biasa. Bila selalu berpikir berlindung dengan keadaan sekarang, regulasi, saya khawatir tidak akan bersaing secara global, padahal global masih terus kemari,” ungkap Ramli.

Baca juga: Indosat dan Tri Bantah Industri Telco Kritis pada 2020

Kemudian berdasarkan analisa persaingan usaha operator, Ramili menjabarkan ada 4 aspek utama konsumen ketika memilih operator, yang terdiri dari tarif layanan, wilayah cakupan layanan, kualitas layanan dan inovasi layanan.

“Yang menjadi perhatian pelanggan itu paling tinggi ada pada kualitias layanan dan tarif menarik. Karena pelanggan akan mengunakan layanan data di smartphone-nya itu untuk banyak hal, entah itu untuk browsing, zoom meeting, belajar dan lain sebagainya. Sehingga jika kualitas layanan buruk maka akan ditingalkan, jadi saya ingatkan operator untuk terus membangun kualitas yang baik, kalau mau bersaing dengan baik serta kualitas unggul di 2021,” tandasnya.

Baca juga :  Ajang Kompetisi Bakat Pelajar Tri Indonesia Diikuti 1.200 Sekolah

Saat ini berdasarakan paparan Ramli, rata-rata kenaikan trafik data internet dari sebelum pandemi sampai saat ini ialah 23,73 persen, di pimpin Telkomsel sebesar 44 persen, Indosat 26 persen, Xl Axiata 15 persen, H3I 12,8 persen dan STI sebanyak 33 persen.

Baca juga :  Trafik Data Naik 338%, XL Axiata Layani Area Pelosok Riau

Dan saat ini ada 7 operator seluler yang aktif di Indonesia, yaitu PT. Hutchison 3 Indonesia (Tri), PT. XL Axiata (XL), PT. Indosat (Indosat), PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (Ceria), PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT. Smartfren dan PT. Bakrie Telecom.

spot_img

Artikel Terbaru