Beranda Tips 4 Prediksi Soal Kriteria Smartphone di Tahun 2021

4 Prediksi Soal Kriteria Smartphone di Tahun 2021

-

Jakarta, Selular.ID – Dengan semakin dekatnya tahun 2021, kita mungkin akan bertanya-tanya mengenai tren smartphone di tahun depan. Sejumlah produsen ponsel cerdas tentunya juga telah mempersiapkan produk-produk yang akan diluncurkan pada tahun mendatang, dengan masing-masing membawa fitur dan teknologi unggulan. Di tahun depan, produsen smartphone kemungkinan akan meneruskan tren dan teknologi yang telah ada saat ini seperti artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, tampilan layar tanpa bezel, kapasitas memori yang kian lapang, serta kemampuan kamera yang mumpuni.

Selain itu, smartphone yang akan beredar pada tahun 2021 kemungkinan mulai mengadopsi teknologi 5G dan pemanfaatan prosesor kelas atas. Di sisi lain, fitur kamera tetap akan menjadi salah satu unique selling point (USP) dari sebuah smartphone. Para produsen smartphone juga akan saling berlomba menciptakan perangkat dengan layar futuristik yang lebih tahan terhadap goresan, transparan, lebih jernih dan tajam saat menampilkan visual.

1. Perangkat yang Mudah Digenggam

Rata-rata smartphone yang beredar di pasaran saat ini memiliki ukuran layar di atas 6 inci. Kehadiran ukuran layar yang besar tak lain adalah untuk memenuhi kebutuhan pengguna agar lebih nyaman saat mengakses konten video, foto, dan game. Terkadang ukuran layar yang lebar berimbas pada bobot yang kian berat sehingga kurang ergonomis saat digenggam.

Untuk mengatasi problem seperti ini, Oppo mengeluarkan seri Oppo Reno4 F yang memiliki ukuran layar kurang dari 6,5 inci, ketebalan bodi yang ramping serta bobot nan ringan. Ukuran bodi ultra thin pada smartphone akan memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Di tahun depan, desain smartphone tipis dan ringan seperti Oppo Reno4 F diprediksi menjadi salah satu tren yang digemari konsumen.

2. Layar Tanpa Bezel dan Tahan Gores

Generasi lanjutan dari Gorilla Glass kemungkinan akan diaplikasikan oleh para produsen smartphone di tahun depan. Saat ini, Corning telah melakukan revolusi terhadap produknya dengan sebuah teknologi untuk menjadi lebih baik dalam menahan benturan dan goresan pada sisi bagian dalam.

Teknologi baru tersebut tertuang dalam produk bernama Gorilla Glass Victus, yang telah dites dan mampu menahan layar agar tidak pecah saat perangkat dijatuhkan dari ketinggan 2 meter ke permukaan yang keras dan kasar.

Selain faktor ketahanan layar, para produsen smartphone di 2021 juga akan berkonsentrasi pada layar tanpa bezel atau tepi. Tanpa adanya bezel maka secara tidak langsung layar smartphone akan kian maksimal dalam menampilkan konten. Selain itu, layar dengan resolusi tinggi menjadi salah satu kriteria wajib untuk smartphone yang akan beredar di tahun depan.

3. Pengisian Baterai nan Cepat

Di masa depan, teknologi pengisian daya super cepat baik dengan kabel atau nirkabel kemungkinan semakin jamak dipakai di perangkat smartphone. Sepanjang tahun 2020, Oppo telah melakukan inovasi pada charger pengisian daya baterai dengan teknologi Ultra-Fast Charging. Teknologi pengisian daya baterai smartphone terkini yang dikembangkan Oppo adalah Super VOOC 2.0 yang mampu mengisi tenaga hingga 65W (10V dan 6.5 A).

4. Kamera Inovatif dan Mumpuni

Penggunaan media sosial dan digital menjadi bagian yang sangat menyatu dalam kehidupan sehari-hari anak muda di Indonesia. Platform media sosial memudahkan anak muda untuk berinovasi dan berkreasi menghasilkan konten menarik setiap harinya. Dengan teknologi kamera yang semakin canggih pada smartphone di tahun 2021 mendatang, akan memudahkan mereka untuk membuat konten foto atau video. Bahkan proses editing foto atau video juga bisa dilakukan dari perangkat smartphone secara langsung seperti yang terdapat di Oppo Reno4 dan Oppo Reno4 F.

Keduanya juga membawa tren mobile photography atau videography melalui fitur-fitur menawan seperti AI Color Portrait yang mengandalkan teknologi AI yang mengenali sorotan wajah dan warna yang unik pada manusia, yang sekaligus mengaburkan latar belakang dengan efek hitam putih. Kamera selfie juga menjadi titik fokus pengembangan smartphone masa depan.

Baca juga: Oppo Patenkan Ponsel Lipat Mirip Galaxy Z Flip

Sebelumnya, Oppo telah mengembangkan kamera swafoto model pop-up, kamera putar, notch, hingga kamera hole di layar, dengan tujuan untuk memaksimalkan rasio layar-ke-bodi. Terbaru, Oppo bereksperimen dengan teknologi under-screen camera (USC), yang diprediksi juga akan menjadi tren kamera selfie di tahun depan.

Dengan adanya kamera yang lebih inovatif dan unggul seperti telah ditunjukkan di Reno Series, para produsen smartphone juga akan berlomba-lomba dalam memberikan keunggulan pada fitur kamera. Saat ini, kita sedang menantikan kelanjutan dari inovasi Reno Series pada Oppo Reno5. Seperti apa saja fitur dan teknologi yang akan menyertai smartphone untuk pangsa anak muda tersebut, mari kita tunggu kehadirannya.

Artikel Terbaru