Monday, October 19, 2020
Home News Ini Fungsi Sensor Lidar di iPhone 12

Ini Fungsi Sensor Lidar di iPhone 12

-

Jakarta, Selular.ID – Appe telah merilis jajaran iPhone 12, dan menjadi perhatian kehadiran teknologi sensor Lidar, di bagian belakang Apple iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

Lidar merupakan kepanjangan dari Light Detection And Ranging. Ini adalah teknologi yang memantulkan denyut cahaya dari objek untuk mengukur jarak berdasarkan waktu yang dibutuhkan cahaya untuk dipantulkan kembali.

Sensor ini pertama kali diperkenalkan di iPad Pro pada bulan Maret, dan digunakan untuk augmented reality, atau AR, yang telah didorong Apple dengan cukup keras dalam beberapa tahun terakhir.

Seperti ditulis Tech Radar, AR memungkinkan untuk menempatkan item digital pada dunia nyata yang dapat dilihat melalui layar ponsel.

Dengan sensor ini, misalnya, pengguna bisa meletakkan beberapa furnitur digital di ruangan yang sedang dibangun untuk memastikan semuanya pas sebelum membidik objek yabg dituju.

Sensor lidar lebih mudah dan lebih cepat daripada kamera biasa saat perlu memindai ruangan. Hal ini dapat dilakukan dengan cepat.

Tapi, Apple mengatakan juga menggunakan lidar di iPhone untuk meningkatkan fokus. Ini dapat mengurangi waktu fokus dalam lingkungan cahaya rendah hingga 6x, kata Apple. Itu juga berarti bidikan potret cahaya rendah yang lebih baik. Gambar potret adalah jenis yang mengaburkan latar belakang subjek dan menambahkan tampilan profesional pada gambar.

Singkatnya, melalui teknologi Lidar, pengguna akan dengan cepat melihat dan mengenali rungan di sekitar mereka sehingga mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang lingkungan dan lebih akurat mengintegrasikan konstruksi digitalnya ke dunia fisik.

Sama seperti iPhone 12, layar seri Pro tampil dengan Super Retina XDR dan proteksi Ceramic Shields. Ada empat warna yang tersedia, yakni graphite, silver, gold, dan pacific blue.

Performa smartphone iPhone ini didukung chip A14 Bionic. Yang diklaim berkinerja 40% lebih baik dari pendahulunya. Sementara untuk sistem operasi, perangkat ini menjalankan iOS 14 dan sudah memiliki sertifikasi IP68.

Baca Juga :Jajaran iPhone 12 Resmi Dirilis, Ini Harganya

Untuk harga, iPhone 12 dibandrol dengan harga Rp11 jutaan, iPhone 12 Pro dibanderol dengan harga mulai dari USD 999 (Rp 14 juta). Sementara 1Phone 12 Pro Max dijual mulai dari 1.099 Dolar AS (Rp 16 juta).

iPhone 12 Mini, dibandrol dengan harga 699 dolar AS, atau berkisar Rp10.331.000.

Preorder untuk iPhone 12 dan 12 Pro mulai Jumat (16/10) dengan ketersediaan 23 Oktober. 12 Mini dan 12 Pro Max tiba beberapa pekan kemudian, dengan preorder mulai 6 November dan perangkat mulai ada di toko 13 November.

Latest