Wednesday, October 21, 2020
Home News Market Update Canalys: Penjualan Laptop Tumbuh Di Tengah Pandemi Covid-19

Canalys: Penjualan Laptop Tumbuh Di Tengah Pandemi Covid-19

-

Jakarta, Selular.ID – Produsen komputer telah mengirimkan sekitar 79 juta komputer pribadi pada kuartal ketiga tahun 2020, naik 13 persen dari tahun ke tahun di seluruh dunia.

“Pengeluaran untuk TI, termasuk investasi di PC, akan menjadi pendorong utama pemulihan ekonomi setelah pandemi Covid-19,” terang analis Canalys, Ishan Dutt, seperti dikutip dari The Verge, Senin (12/10).

Menurut laporan terbaru Canalys itu menyebut Acer berhasil mengirimkan 5,6 juta unit pada kuartal kemarin, meningkat 15 persen dari kuartal tahun lalu. Yang jika dikalkulasikan itu merupakan persentase peningkatan terbesar yang pernah dialami Acer dari tahun 2019 kemarin.

Kemudian Lenovo mengirimkan paling banyak unit pada kuartal ketiga, sebesar 19,3 juta, meningkat 11 persen dari tahun lalu, diikuti oleh HP dengan 18,6 juta, peningkatan 12 persen dari tahun ke tahun. Dell mengapalkan 11,9 juta unit di Q3 turun 0,5 persen dari tahun sebelumnya, sementara Apple mengirimkan 6,3 juta unit dengan kenaikan 13,2 persen.

Baca juga : Kapasitas CEIR Bisa Ditambah, Asosiasi: Semua Wewenang Ada Pada Pemerintah

Pandemi Covid-19 memang memukul mundur industri, namun secara berlahan membawa berkah tersendiri bagi beberapa sektor, Canalys dalam analisanya juga menjelaskan produk pada laptop awal tahun memang sangat sulit ditemukan, seiring dengan peningkatan permintaan yang sangat besar hingga membuat rantai pasokan tidak mampu mengimbanginya, dan tercatat pengiriman PC menurun 12,3 persen selama kuartal pertama tahun 2020.

“Vendor, rantai pasokan, dan alurnya sekarang memiliki waktu untuk menemukan ‘kaki’ mereka untuk bergegas dan mengalokasikan sumber daya untuk memasok notebook yang tak bisa dipungkiri lagi belakangan permintaan semakin besar dari bisnis dan konsumen,” tandasnya.

Latest