Apps Social Media

Saingi TikTok, YouTube Persiapkan Video Pendek ‘Shorts’

Jakarta, Selular.ID – Menyadari platform TikTok cukup populer, YouTube dikabarkan berencana merilis video pendek serupa yang disebut ‘Shorts’.

Menurut sumber yang berbicara dengan The Information, raksasa video milik Google ini merencanakan fitur Shorts yang mirip dengan platform video pendek, TikTok, dari dalam aplikasi seluler YouTube.

Layaknya TikTok, YouTube’s Shorts juga menawarkan umpan video pendek yang dibuat pengguna bersama dengan alat untuk membuatnya sendiri. Salah satunya, yaitu akses ke katalog ekstensif musik platform dengan lisensi video yang akan digunakan untuk keperluan soundtrack.

Baca juga: Youtube Tambahkan Laman Informasi Covid-19

Meski begitu, belum ada jaminan Shorts bisa sepopuler Tiktok. Hal ini karena mendapatkan popularitas tidak semudah menawarkan serangkaian fitur yang sama seperti platform yang ada.

Baca juga :  Pasca Bobolnya Data eHAC dan Jokowi, Pakar: Kalau Sudah Bocor ‘Berabe’ Urusan

YouTube pun pernah mencoba hal serupa dengan fitur Instagram-esque Stories di masa lalu, tetapi tampaknya beberapa daya tarik TikTok berasal dari dorongannya akan video amatir yang dibuat pengguna, dan bukannya lebih lama ataupun lebih banyak konten yang diproduksi, dikutip dari Techradar, Kamis (2/3).

Saat ini, belum diketahui kapan YouTube bakal merilis fitur video pendeknya. Namun, diharapkan Shorts bakal tiba di aplikasi YouTube pada akhir tahun ini.

About the author

selular