Beranda News Telco Di Tengah Permintaan 5G yang Kuat, Kinerja ZTE Justru Menurun

Di Tengah Permintaan 5G yang Kuat, Kinerja ZTE Justru Menurun

-

Jakarta, Selular.ID – Vendor peralatan asal China ZTE terpukul oleh tindakan penguncian akibat wabah Covid-19 (coronavirus). Hasil kuartal pertama 2020, menunjukkan laba dan pendapatan menurun dari tahun ke tahun, meskipun perusahaan mampu meningkatkan kapasitas untuk mengimbangi permintaan yang lebih kuat dari perkiraan untuk peralatan jaringan 5G.

Tercatat laba bersih vendor yang berbasis di Shenzen itu, turun 9,6 persen menjadi CNY780 juta ($ 110 juta), dengan pendapatan operasi turun 3,2 persen menjadi CNY21,48 miliar. Laba bersih setelah barang luar biasa tumbuh 20,5 persen menjadi CNY160 juta. Laporan laba rugi yang dipublikasikan, kali ini tidak memecah pendapatan berdasarkan divisi.

Dalam sebuah pernyataan, vendor mengatakan meningkatkan kapasitas produksi 5G karena tiga operator seluler utama negara itu mempercepat pembangunan infrastruktur, seperti 5G dan internet industri. ZTE juga mengembangkan layanan terkait infrastruktur baru dalam upaya mempertahankan pertumbuhan.

ZTE mengatakan, pihaknya mendapatkan saham signifikan dari tender 5G tiga operator utama negara itu yang mencakup RAN, jaringan inti, dan jaringan transportasi.

Pekan lalu, vendor diserahi 35,9 persen saham dari tender jaringan mandiri 5G besar-besaran yang diumumkan oleh China Unicom dan China Telecom. Bagian ZTE dihargai CNY65,87 miliar. Pada akhir Maret, ZTE memenangkan 28,7 persen dari kontrak 5G fase dua yang digelar China Mobile senilai CNY37,1 miliar.

Meski kinerja keuangan sedikir menurun, namun ZTE tetap meningkatkan investasi litbang sesuai komitmen sebelumnya. Tercatat untuk kuartal pertama 2020, ZTE telah menggelontorkan dana R&D sebesar CNY3,24 miliar, atau 15,1 persen dari pendapatan operasional. Angka itu naik 1,2 persen dibandingkan dengan Q1 2019.

Buyer's Guide

Dijual Harga Sama, Realme C15 Holiday Edition Usung Prosesor...

Jakarta, Selular.ID - Sambut liburan akhir tahun, Realme memberi kejutan dengan meluncurkan Realme C15...

7 Smartphone Oppo dengan Fast Charging Hingga 65 Watt

Jakarta, Selular.ID - Fast charging menjadi salah satu fitur yang dicari konsumen saat hendak...

Smartphone Oppo dengan Triple Camera, Harga Mulai Rp1 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Oppo termasuk vendor smartphone yang cukup aktif meramaikan pasar Indonesia, misalnya...

Rekomendasi Smartphone Rp3 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan pengguna ponsel tidak hanya pada fitur kamera saja, kapasitas memori,...

5 Smartphone Oppo Dengan Layar Punch Hole  

Jakarta, Selular.ID – Tampilan layar smartphone menjadi semakin lega sekaligus menawan berkat mengusung konsep...

Oppo A15 Usung 3 Kamera, Harga Rp1 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Oppo secara resmi meluncurkan perangkat A15 di Indonesia. Oppo A15 tampil...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait