Thursday, April 9, 2020
Home News Market Update Dampak Virus Corona terhadap Penjualan Ponsel di Jakarta

Dampak Virus Corona terhadap Penjualan Ponsel di Jakarta

-

Jakarta, Selular.ID – Virus corona diperkirakan akan membuat produksi dan pengapalan ponsel China menurun, dikutip dari Gizmo China baru- baru ini virus tersebut mengancam pendapatan perusahaan pembuat smartphone di China lantaran anjloknya produksi.

Dan disebut-sebut pula kejadian ini  membuat beberapa ponsel mulai langka dan sulit ditemukan di pasar.

Seperti yang disebutkan di atas, Selular.id pun menyambangi pusat penjualan ponsel di ITC Roxy Mas, Jakarta Pusat. Untuk mengetahui sejauh mana dampak dari virus itu terhadap penjualan ponsel. Dan apakah benar sejumlah ponsel sulit dicari keberadannya?

Pasalnya, diketahui berapa brand ponsel yang menjadi primadona di pasar ITC Roxy Mas, berasal dari China.

“Sejauh ini pasokan ponsel lancar, disini tidak terlalu keliatan dampaknya, barang-barang juga tidak susah dicari, namun memang lebih sepi,”ujar Udin, Manager Chans Cellular ITC Roxy Mas, Jakarta Pusat, (14/02/20).

Namun dikatakan Udin, penjualan memang lebih sepi, bahkan satu hari terkadang tidak ada penjualan. Kondisi ini terlihat sejak awal Februari 2020. Sementara mengenai harga, dikatakan Udin tidak ada kenaikan, justru beberapa seri ponsel mengalami turun harga.

Seperti Oppo Reno2, sebelumnya ponsel ini dijual dengan harga Rp5.3 jutaan, menjadi Rp4.9 jutaan. Sementara, Oppo A5 RAM 4GB, awalnya dijual dengan harga Rp2.9 juta, sekarang dibandrol Rp2.7 jutaan, dan yang terakhir Oppo A9, mulanya dijual Rp3.9 juta, saat ini dibandrol dengan harga Rp3.6 jutaan.

Putri Karyawan Sabang Cellular ITC Roxy Mas, Jakarta Pusat pun mengamini, smartphone baru penjualan sepi, dan yang lebih ramai penjualan ponsel second, dua hari ini hanya ponsel second yang kejual,”kata Putri.

Senada dikatakan Putri, Valdo, Operator Oppo, Surya Cell, ITC Roxy Mas, Jakarta Pusat pun membenarkan kalau penjualan memang sepi, meskipun harga relatif stabil. Disinggung soal isyu kelangkaan stok, Valdo menyebutkan bahwa sejauh ini ketersediaan ponsel cukup baik.

“Saya lihat sih stok aman, setiap customer atau toko cari ponsel, khususnya Oppo tidak ada masalah,”ujar Valdo.

Seperti diketaui, soal kelanggan barang, seperti yang sisebutkan akibat virus Corona,  disebabkan oleh kebijakan pemerintah China, yang membatasi  operasional atau menutup toko, dan berbagai lini bisnis di China. Kebijakan itu diambil sebagai langkah pencegahan pemerintah China agar virus tersebut tidak meluas.

Baca Juga :3 Smartphone Oppo Turun Harga

Akibatnya, laporan dari Strategy Analytics mengungkapkan pengiriman ponsel cerdas di China akan menurun 30 persen pada kuartal pertama (Q1) 2020.

Namun meski begitu, sejauh ini sejumlah pedagang ITC Roxy Mas Jakarta pusat menyebutkan bahwa stok ponsel masih aman dan tidak ada masalah terhadap ketersediaan barang (smartphone)

TERBARU

Layar Refresh Rate 90Hz Kukuhkan Realme jadi Tech Trendsetter

Jakarta, Selular.ID - Melalui visi menjadi Tech Trendsetter, realme melangkah cukup berani di sektor...

LG Bakal Meluncurkan Smartphone 5G Dengan Merek Baru

Jakarta, Selular.ID – Pandemi virus corona memang membuat kinerja brand-brand smartphone babak belur. Penjualan...

Gaming dan Telekonferensi Sumbang Kenaikan Trafik Tertinggi saat WFH

Jakarta, Selular.ID - Selama Pandemi COVID-19 yang membuat banyak kota di berbagai belahan dunia...

Latest