Selasa, 5 Maret 2024
Selular.ID -

Bos Sharp: Penjualan Smartphone Sharp di Indonesia Kurang Baik

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – Penjualan smartphone Sharp di Indonesia kurang baik.

Hal itu diungkap oleh Bos Sharp Indonesia Shinji Teraoka selaku President Director PT Sharp Electronics Indonesia pada peluncuran Sharp Aquos R8s Series di Jakarta, Rabu (6/12/2023).

“Penjualan smartphone Sharp di Indonesia kurang baik. Untuk itu kami membawa ponsel terbaik ke Indonesia,” ucap Shinji.

Shinji Teraoka, President Director, PT Sharp Electronics Indonesia

Bersamaan dengan peluncuran smartphone terbaru Aquos R8s Series, perusahaan juga mengumumkan telah melancarkan strategi penjualan berbeda dari tahun sebelumnya.

“Tahun lalu kami memakai jalur dealer elektronik dalam menjual smartphone, mulai tahun ini kami menggandeng retailer khusus smartphone seperti Erafone dan Bhinneka,” ucap Andri Adi Utomo, National Sales Senior GM, PT Sharp Electronics Indonesia.

Dengan strategi penjualan baru, Sharp menargetkan bisa menjual 5.000 unit Aquos R8s dan 2.000 unit Aquos R8s Pro.

Baca Juga: Sharp Aquos Sense 8 Siap Edar di Indonesia, Muncul di Postel

Angka tersebut melompat jauh dari target 400 unit Aquos R7s yang dirilis di Indonesia Juli 2023

Menyasar kalangan muda yang hobi memotret, kedua ponsel dijajakan dengan harga tidak murah.

Keduanya akan mulai tersedia di Indonesia pada tanggal 12 Desember 2023 dengan harga harga Rp15.999.000 untuk “Pro” dan Rp12.999.000 untuk R8s reguler.

Mengapa bukan menyasar entry level? Sharp punya alasan kuat dalam mengeluarkan ponsel premium di Indonesia.

Sharp Aquos R8s Pro dengan Sensor Kamera 1 Inci Resmi di Indonesia

Sabar Yusuf Firdaus Simatupang selaku Smartphone Product Strategy SEID mengungkapkan penjualan smartphone di Indonesia Januari-Oktober 2023 menyusut 15% dibandingkan periode sama tahun 2022.

“Dari 27 juta unit menjadi hanya 23 juta unit saja. Itu artinya turun 15 persen,” ucap Sabar.

Kendati demikian, potongan kue segmen ponsel premium semakin membesar.

“Ponsel dengan harga kurang dari 2 juta memiliki pangsa pasar 13%, harga 2-4 juta ada 19%, lalu range 4-7 juta meraup 40 persen, dan smartphone di atas harga 7 juta mempunyai market share 29%,” papar Sabar.

Melihat tren itu, Sharp terus maju pantang mundur dalam memperkenalkan flagship di Indonesia.

Setelah memperkenalkan Aquos R7s dan Aquos V7 Plus pada pertengahan tahun dan Aquos R8s Series hari ini, Sharp berjanji akan memperkenalkan seri flagship lainnya di kemudian hari.

Baca Juga: Sharp Aquos R8s Pro dengan Sensor Kamera 1 Inci Resmi di Indonesia

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU