Thursday, October 22, 2020
Home News Telco AIS Borong Lisensi 5G Thailand

AIS Borong Lisensi 5G Thailand

-

Jakarta, Selular.ID – Seperti telah dijadwalkan sebelumnya, Komisi Penyiaran dan Telekomunikasi Nasional (NBTC) yang merupakan regulator telekomunikasi Thailand, menggelar lelang spectrum 5G.

Operator terbesar di negeri Gajah Putih, Advanced Info Service (AIS) memenangkan 23 lisensi spektrum untuk 5G dalam lelang pada hari Minggu (16/2/2020). Sementara True memenangkan 17 lisensi. Operator lain, yakni Total Access Communication, atau DTAC, memenangkan dua lisensi.

Demikian pernyataan resmi NBTC yang dikeluarkan tak lama setelah pelaksanaan lelang. Dari hasil lelang tersebut, regulator telekomunikasi Thailand mengumpulkan lebih dari 100 miliar baht ($ 3,21 miliar) untuk 48 lisensi layanan 5G, menjelang peluncuran komersial yang diharapkan akhir tahun ini.

Keberhasilan Thailand melelang spectrum frekwensi, menunjukkan regulator memiliki rencana ambisius dalam pembangunan jaringan 5G yang siap direalisasikan.
Dalam tiga dekade terakhir, Thailand telah menjadi pusat manufaktur terkemuka di Asia Tenggara. Namun negeri Gajah Puith itu tetap terjebak di puncak pertumbuhan ekonomi maju.

Untuk memacu pertumbuhan, inisiatif 4.0 yang diluncurkan pemerintah Thailand bertujuan untuk mempromosikan industri teknologi tinggi. Salah satunya menggunakan infrastruktur 5G.

Di Provinsi Chonburi, persis di sebelah tenggara Bangkok, negara yang kini menjadi salah satu bintang industri pariwisata global itu, telah mendirikan fasilitas pengujian 5G di Koridor Ekonomi Timur.

Kehadiran fasilitas 5G diharapkan dapat mendorong inovasi di berbagai bidang teknologi, seperti mobil yang bisa mengemudi sendiri dan robot yang dikendalikan dari jarak jauh.

Sejauh ini, fasilitas pengujian 5G melibatkan banyak stake holder, seperti penyedia telekomunikasi top negara itu, AIS, dan operator terbesar kedua True Corp, di samping vendor jaringan seperti Huawei dan Ericsson Swedia.

Latest