Sunday, June 7, 2020
Home News Telco Vietnam Luncurkan Layanan 5G Komersial Pada Juni 2020

Vietnam Luncurkan Layanan 5G Komersial Pada Juni 2020

-

Jakarta, Selular.ID – Perusahaan telekomunikasi terbesar Vietnam, Viettel, akan meluncurkan layanan seluler 5G komersial mulai Juni tahun ini. Demikian pernyataan resmi yang dikeluarkan perusahaan itu, pada Jumat (17/1/2020).

Perusahaan yang dikelola militer itu mengatakan bahwa mereka akan menggunakan peralatan jaringan 5G dan perangkat lunak yang dikembangkan sendiri. Dengan demikian, Viettel telah menjadi perusahaan keenam di dunia yang memproduksi peralatan jaringan 5G setelah Ericsson, Nokia, Huawei, Samsung Electronics dan ZTE.

Pernyataan itu muncul setelah Viettel melakukan panggilan video percobaan pertama pada jaringan 5G pada hari yang sama. Viettel mengatakan akan mengembangkan layanan sipil dan militer berdasarkan platform 5G.

Peluncuran 5G pada tahun ini, membuktikan bahwa Vietnam telah sejajar dengan negara-negara front runner, seperti China, Jepang dan Korea Selatan.

Hal ini terbilang fenomenal, mengingat sebelumnya dalam penyediaan layanan 4G, negeri di kawasan Indochina itu terbilang telat.

Sekedar diketahui, Singapura adalah pasar ASEAN pertama yang meluncurkan jaringan 4G pada 2011, diikuti oleh Filipina (2012), Malaysia dan Thailand (2013), Kamboja dan Indonesia (2014), Myanmar (2016) dan kemudian Vietnam (2017).

Kini menjelang masuknya era 5G, Vietnam malah memimpin di kawasan Asia Tenggara. Apalagi teknologi 5G mereka kembangkan sendiri, sehingga Vietnam bukan lagi pasar, namun sudah jadi produsen jaringan 5G.

TERBARU

Perluas Bisnis, WhatsApp Buka Lowongan Kerja di Indonesia

Jakarta, Selular.ID - Facebook terus melirik pasar Indonesia. Kali ini, platform perpesanan WhatsApp dilaporkan...

Peluncuran iPhone 12 Akan Ditunda

Jakarta, Selular.ID - Usai banyaknya prediksi waktu peluncuran iPhone 12 yang beredar, Apple rupanya...

Samsung Galaxy Note 20 Bakal Dirilis Agustus Tahun ini?

Jakarta, Selular.ID - Meskipun situasi pandemi Covid-19 tak kunjung usai, Samsung dilaporkan bakal tetap...

Latest