Beranda News Telco Outlook Huawei Prediksi Indonesia Terapkan 5G pada 2022

Huawei Prediksi Indonesia Terapkan 5G pada 2022

-

Jakarta, Selular.ID – Di penghujung tahun 2019 ini, isu tentang 5G memang terus dibahas. Bukan soal kualitas jarigan generasi kelima itu, namun tentang penerapannya di Indonesia.

Adapun implementasi 5G mengundang sejumlah pihak-pihak terkait untuk memberikan pandangannya. Vanness You, CTO Huawei Indonesia, melalui acara Selular Telco Outlook 2020, mengungkap jaringan 5G diprediksi baru bisa hadir dalam 2 tahun ke depan.

“Saya pikir butuh waktu 2 tahun untuk mempersiapkan hingga selesai,” ujarnya dalam acara Selular Telco Outlook (2/12).

Adapun, Huawei memprediksi Indonesia siap 5G pada tahun 2022. Menurutnya, Indonesia masih harus berbenah. Vanness menyebut kesediaan pasar yang menjadi point penting dalam menunjukan waktu yang tepat untuk implementasi 5G.

Baca juga: Huawei Dukung Telkomsel Lakukan Uji Coba 5G di The NextDev Summit 2019

“Menurut saya jika kita memaksa untuk menuju 5G, sementara pasar belum siap, itu bukanlah waktu yang tepat.” jelasnya.

Sementara itu, faktor spektrum juga berpengaruh. Pasalnya, menurut Vanness, penempatan spektrum 5G menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia. Huawei juga menyebut banyak hal yang harus dipersiapkan Indonesia dalam membangun ekosistem 5G.

“Kita masih memiliki banyak hal yang harus dikerjakan untuk mempersiapkan ke jaringan 5G, digital kita masih belum cukup untuk memenuhi transformasi digital 4.0” ungkapnya.

Artikel Terbaru