Wednesday, November 13, 2019
Home News Dukung Kios Tetap Eksis, Grab Akusisi Kudo Menjadi GrabKios

Dukung Kios Tetap Eksis, Grab Akusisi Kudo Menjadi GrabKios

-

Jakarta, Selular.ID – Setelah sebelumnya telah diakusisi Grab sejak 2017 lalu, Kudo kini bertransformasi menjadi GrabKios tepat hari ini (7/11).

Langkah Grab ini mendapat sambutan baik dari para Menteri, diantaranya Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMKM) serta Bapak Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan Republik Indonesia.

“Sekarang kita perlu aplikasi-aplikasi semacam ini sejalan dengan digitalisasi UMKM, sejalan dengan peningkatan UMKM” ujar Teten Masduki disela-sela acara GrabKios, Kamis (7/11).

Baca juga: Rahasia Di Balik Kinerja GrabFood

Grab bersama dengan mitranya juga jajaran Menteri telah mengukuhkan Hari Warung Nasional yang jatuh setiap 7 November. Upaya ini sebagai bentuk apresiasi terhadap kontribusi warung dalam perekonomian Indonesia. Dalam merayakan hari Warung Nasional, Grab telah membantu lebih dari 100 ribu warung dengan membarikan Voucher serta tambahan modal usaha.

Melalui GrabKios, saat ini terdapat 2,6 juta mitra di lebih dari 500 kota yang sebelumnya tergabung dalam Kudo. Lebih lanjut, aplikasi yang sebelumnya bernama Kudo ini menawarkan sejumlah layanan yang diklaim memudahkan ‘Kios’.

Jajaran Menteri bersama dengan GrabKios, Kudo Menjadi GrabKios

Pertama, GrabKios menghadirkan peluang usaha tambahan berupa pengantaran paket oleh porter di sejumlah wilayah. Menawarkan juga fitur tabungan emas secara syariah mulai Rp10 ribu hingga asuransi mikro. Selanjutnya, Grab bersama dengan Kudo juga menawarkan akses terhadap modal usaha dengan menggandeng Bank Mandiri.

Selain itu, melalui aplikasi terbaru ini juga diklaim akan memberikan harga yang kompetitif karena memotong rantai distribusi yang panjang, menjadi langsung ke pembeli. Bahkan pembayarannya juga bisa Cash On Delievery (COD).

Adapun visi GrabKios ini sejalan dengan Indonesia, yaitu menuju ekonomi digital, khususnya dengan memastikan tidak ada warung yang tertinggal, sebagaimana diungkapkan Head Of GrabKios, Agung Nugroho.

Baca juga: Grab Hadirkan Pesta Spekta dengan Hadiah Mencapai Rp1 Miliyar

Agung yang sebelumnya CEO Kudo kini menjadi bagian dari GrabKios.
“Tujuan utama kami adalah untuk memberdayakan tembahan 1 juta mitra GrabKios di Indonesia pada 2021 melalui pemanfaatan teknologi dan membantu mereka berkembang,” paparnya

Kedepannya, GrabKios dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah akan menjalin kemitraan dengan lebih banyak industri dan perusahaan untuk turut mendukung Hari Warung Nasional dan memberikan dukungan yang lebih besar untuk warung.

Latest