Friday, September 20, 2019
Home Smartphone Smartphone 5G Pertama Coolpad Siap Melenggang di Pasar

Smartphone 5G Pertama Coolpad Siap Melenggang di Pasar

-

Jakarta, Selular.ID – Coolpad mengumumkan rencana untuk merilis smartphone 5G pertama. Tidak seperti ZTE yang menjadikan China sebagai pasar debutan, Coolpad lebih memilih konsumen India sebagai pijakan pertama guna meraih pasar 5G global.

Dalam sebuah rilis resmi, vendor asal China itu mengatakan bahwa mereka telah berinvestasi dalam teknologi 5G sejak 2012. Coolpad mengklaim telah memiliki lebih dari 800 paten terkait dengan teknologi tersebut.

Coolpad selanjutnya berencana untuk berinvestasi sebesar USD500 juta di India dalam lima tahun ke depan. Meski telah menyebutkan nilai investasi, namun tidak jelas kapan tepatnya Coolpad berencana untuk merilis perangkat 5G.

Meski demikian, perusahaan menekankan bahwa segera setelah jaringan 5G di India telah siap, smartphone yang enable dengan teknologi itu, juga akan segera melenggang di pasar ponsel terbesar ke dua di dunia itu.

Ambisi Coolpad menaklukan India dengan perangkat 5G, sejalan dengan tren permintaan yang terus meningkat setiap tahunnya.

Baca juga: Smartphone 5G Pertama di China Mulai Dijual

Menurut laporan IDC, pasar smartphone di India terus melonjak dengan pertumbuhan dua digit. Tahun lalu tak kurang 142,3 juta unit smartphone terserap di negeri Sharukh Khan itu. Terkerek hingga 14,5% dibanding tahun sebelumnya, sebesar 124,3 juta unit.

Meledaknya penjualan smartphone di India, berbanding terbalik dengan China yang terus menurun sepanjang dua tahun terakhir.

Tahun lalu, total penjualan ponsel di pasar terbesar di dunia itu hanya berjumlah 396 juta unit. Anjlok sebesar 14% dari 2017. Itu adalah pencapaian terendah sejak 2013, menurut laporan perusahaan riset Canalys.

Kehadiran 5G di India dipastikan akan membuat pasar semakin dinamis. Menurut laporan perusahaan riset pasar teknologi Cyber Media Research (CMR), pengiriman smartphone 5G di negeri berpenduduk lebih dari 1 miliar itu, diprediksi akan melewati 140 juta unit pada 2025. Pertumbuhan sebesar 250 persen.

India sendiri berencana untuk meluncurkan layanan 5G pada 2022. Kehadiran 5G diprediksi menjadikan India sebagai salah satu pemain kunci.

Bahkan vendor jaringan telekomunikasi terbesar di dunia, Huawei, meyakini bahwa negeri Bolywood itu memiliki potensi menjadi pasar 5G terbesar kedua setelah China, untuk seluruh industri dalam 10 tahun mendatang.

Latest