Friday, September 20, 2019
Home News Market Update Uji Kecepatan Download: Samsung, Apple dan Huawei

Uji Kecepatan Download: Samsung, Apple dan Huawei

-

Jakarta, Selular.ID – Mengetahui operator apa yang paling cepat dalam mengunduh file dari smartphone mungkin mudah, tetapi kalau ditanya smartphone apa yang paling cepat unduh file, mungkin Anda akan bingung.

Karena, jawaban itu bisa beragam tergantung wilayah Anda berada, kekuatan sinyal operator setempat dan okupansi BTS di area tersebut. Namun secara umum, Opensignal punya jawabannya.

Perusahaan analisis seluler Opensignal menyusun laporan setelah melakukan 117 miliar pengukuran di lebih dari 23 juta smartphone di seluruh dunia. Riset ini dilakukan pada periode antara 1 April dan 30 Juni guna mengevaluasi pengalaman jaringan seluler umum berdasarkan merek handset.

Ya, uji kecepatan unduh ini bukan berdasarkan negara atau layanan operator, melainkan brand smartphone. Dengan kata lain, Opensignal melihat perbedaan kecepatan yang dicapai oleh perangkat dari tiga vendor teratas: Samsung, Huawei, dan Apple.

Samsung Puncaki 14 dari 40 Negara

Samsung mendominasi daftar Opensignal. Vendor Korea Selatan berada di posisi puncak di 14 negara dibandingkan Apple 7 negara, sementara 19 negara lainnya tidak terlalu mutlak dimenangkan oleh ketiganya. Artinya, Huawei tidak mempunyai piala tunggal.

Kemenangan Samsung yang cukup mengejutkan datang dari AS, di mana kecepatan rata-rata perangkat Galaxy tampaknya mengungguli kemampuan iPhone secara signifikan dengan 8,2 Mbps.

Tentu saja, tes kecepatan tidak selalu mewakili setiap aktivitas online, tetapi metodologi Opensignal yang kompleks dan ukuran sampel yang besar membuat laporan ini cukup krusial.

Selain AS, jika Anda pemilik smartphone Samsung di negara Australia, Chili, India, Indonesia, Irlandia, Italia, Malaysia, Meksiko, Belanda, Norwegia, Rusia, Spanyol, atau Swedia, maka Anda cenderung mengunduh file lebih cepat daripada pemilik iPhone.

Sementara itu, Apple memiliki keunggulan di Brasil, Kosta Rika, Kuwait, Maroko, Arab Saudi, Taiwan, dan Uni Emirat Arab. Sebagian besar iPhone yang beredar dikategorikan sebagai produk “kelas menengah”.

Ya, pada dasarnya, ponsel high-end Samsung dan Huawei hadir dengan komponen LTE yang secara teoritis lebih cepat, yang secara alami diterjemahkan menjadi pengalaman nyata (di dunia maya) yang unggul.

Melihat hanya pada handset high-end seperti Galaxy S10, Note 9, S9, iPhone XS, XS Max, Huawei P30 Pro, dan P20 Pro, maka perangkat Apple adalah 1,5 Mbps di belakang Samsung secara global, diikuti oleh Huawei.

Menariknya, Samsung berada di peringkat ketiga secara keseluruhan di segmen menengah, di belakang Apple dan Huawei. Vendor China memenangkan pertempuran di tingkat rendah dengan mudah, dengan keunggulan 2,4 Mbps atas Samsung yang berada di posisi kedua.

Intinya, jika kecepatan unduh adalah hal krusial bagi Anda, maka Anda harus membeli smartphone Huawei jika anggaran Anda terbatas, iPhone XR jika Anda mampu membelinya, atau flagship Galaxy jika uang Anda berlimpah.

Latest