Saturday, November 23, 2019
Home News Telco Qualcomm Berharap Indonesia Segera Tetapkan Spektrum 5G

Qualcomm Berharap Indonesia Segera Tetapkan Spektrum 5G

-

Jakarta, Selular.ID – Pemerintah Indonesia saat ini sedang mempersiapkan kebijakan untuk 5G dan persiapan spektrum.

Kebijakan itu diduga akan dibahas dalam Konferensi Radio Dunia (WRC) 2019 pada bulan November mendatang.

Teknologi 5G dan beragam teknologi dan pelayanan terdepan yang akan menyertainya akan menjadi penggerak penting untuk strategi Industri 4.0 dan inisiatif pemerintah yaitu Making Indonesia 4.0.

“Indonesia memiliki market dan industri-industri yang unik, termasuk sektor-sektor prioritas tersendiri, sehingga membutuhkan aplikasi-aplikasi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di sini. Salah satu masalah di Indonesia saat ini adalah kita belum memanfaatkan secara penuh data dalam pembangungan, baik infrastruktur maupun industri komersial. Kita dapat meraih kesejahteraan melalui konektivitas dan pemanfaatan data,” jelas Ismail, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kominfo.

Lebih lanjut Ismail mengatakan Indonesia harus siap untuk koneksi 5G. Penetapan spektrum 5G juga masih menjadi kendala yang harus digarap Indonesia.
Hal itu yang menyebabkan Qualcomm belum bisa menetapkan spektrum koneksi 5G-nya.

Baca juga: Update Sistem, Qualcomm Perbarui Keamanan 34 Smartphone

Dalam wawancaranya, Nies Purwati selaku Direktori Of Goverment Affairs Qualcomm mengatakan bahwa Qualcomm belum bisa menetapkan koneksi 5G karena pemerintah belum memutuskan Spektrum 5G di Indonesia.

Teknologi dasar seperti optical fiber dan kompetensi teknis pembangunan hingga akses pelanggan masih menjadi tugas bagi Indonesia. Transformasi digital juga bukan hanya tentang teknologi, namun transformasi kultur dan mindset.

“Dasar teknologi 5G telah dirancang untuk dapat diadaptasi sesuai dengan beragam persyaratan teknis. Dengan kebutuhan penyesuaian teknis yang lebih sedikit untuk menyediakan perangkat dan layanan yang lebih terjangkau bagi pelanggan, maka pelanggan sudah dapat merasakan manfaat 5G segera,” jelas Shannedy Ong, Country Director Indonesia, Qualcomm.

Dengan potensi Indonesia yang luar biasa, disertai kepercayaan dari para pemain industri lokal, pemerintah harus bertindak cepat untuk merilis spektrum radio yang sesuai dan mendukung industri lokal. Inilah saatnya bagi Indonesia untuk merebut peluang zaman Age of Invention yang baru.

Latest