Saturday, November 23, 2019
Home Tips Buktikan Ponsel Bukan BM, Ikuti Cara Cek IMEI Berikut

Buktikan Ponsel Bukan BM, Ikuti Cara Cek IMEI Berikut

-

Jakarta, Selular.ID – Pemerintah kini tengah bersiap mengeluarkan regulasi IMEI. Aturan yang rencananya akan dirilis pada 19 agustus ini, dinilai mampu menghentikan peredaran ponsel BM di Indonesia. Bahkan pemilik ponsel kini dapat mengetahui ponselnya BM atau tidak dengan cara cek IMEI ponsel mereka.

Kementrian Perindustrian melalui sebuah microsite khusus telah membuat suatu sistem bernama ‘Device Identification, Registration, and Blocking System’. DIRB ditunjukan bagi para pemilik ponsel yang ingin mengecek apakah IMEI ponsel mereka terdaftar atau tidak.

Baca juga: Kebijakan IMEI Mulai Berlaku, Advan di Atas Angin

Cara Cek IMEI

  1. Ketahui IMEI ponsel Anda

Tekan nomor *#06# pada ponsel Anda, kemudian catat nomor IMEI yang muncul. Anda bisa melakukan Screenshot, hal terpenting adalah nomor IMEI dapat Anda ketahui dan simpan.

  1. Akses ke situs Kemenperin

Selanjutnya Anda harus mengakses situs Kemenperin yang telah dipersiapkan khusus untuk pengecekan IMEI. Selular.ID telah menyiapkannya bagi Anda, hanya perlu klik ‘Kemenperin’

  1. Masukan IMEI ponsel Anda

cara cek IMEI

Setelah mengakses situs Kemenperin, Anda harus memasukan nomor IMEI yang telah Anda ketahui tadi. Kemudian tekan ikon lup dibawahnya.

cara cek IMEI

Nah bagi Anda yang menerima notifikasi berupa tulisan ‘IMEI terdaftar di database Kemenperin’ berarti Anda tidak perlu khawatir lagi, karena ponsel Anda bukanlah barang BM.

Baca juga: Rudiantara: IMEI dan Nomor Telepon Sejatinya Berdampingan

Berbeda situasinya jika IMEI ponsel Anda tidak terdaftar, Kominfo mengatakan tidak akan melakukan pemblokiran secara total. Jadi Anda tetap bisa menggunakannya, hanya saja tidak dapat menggunakan jaringan operator selular Indonesia.

Latest