Monday, September 23, 2019
Home News Rumour Huawei Kembangkan Alternatif Google Maps

Huawei Kembangkan Alternatif Google Maps

-

Jakarta, Selular.ID – Setelah resmi mengungkapkan OS mobile alternatif Android bernama Harmony, sekarang Huawei dilaporkan berencana mengungkap sejumlah aplikasi dan layanan lainnya yang akan memungkinkan raksasa teknologi itu mengurangi ketergantungannya pada Google.

Dilansir dari China Daily, menurut sumber-sumber internal yang “akrab dengan masalah ini”, salah satu produk software olahan sendiri ini disebut Map Kit.

Seperti namanya, pada dasarnya ini akan menjadi jawaban Huawei untuk Google Maps, tetapi pada saat yang sama, tampaknya perusahaan China tidak berharap untuk secara efisien mengganti layanan pemetaan web paling populer di dunia itu dengan segera.

Alih-alih, tujuan awal tampaknya adalah “mendorong pengembang perangkat lunak untuk membuat aplikasi berdasarkan kemampuan pemetaannya.”

Kendati demikian, kemampuan pemetaan tersebut tidak dapat dipandang sebelah mata, karena Huawei bertekad memanfaatkan jaringan peralatan telekomunikasinya yang luas untuk secara cepat meningkatkan teknologi Map Kit dengan memposisikan data yang dipanen dari lebih dari 160 negara dan wilayah.

Dalam jangka panjang, rencananya adalah untuk menawarkan informasi lalu lintas secara real time dan mengembangkan “sistem navigasi yang sangat canggih” yang mampu mendeteksi ketika sebuah mobil berganti jalur, misalnya.

Dukungan lanjutan untuk pemetaan augmented reality (AR) juga ada di sini, tetapi pertama dan terutama, Huawei akan membutuhkan pengembang pihak ketiga untuk mengadopsi, mengimplementasikan, dan membantu memperbanyak Map Kit-nya.

Agar hal itu terjadi, Harmony OS harus memulai dari awal, contohnya menarik sumber daya dari tim ahli dan perusahaan yang percaya Android bisa diganti atau setidaknya ditandingi.

Menariknya, Huawei sudah memiliki dua nama besar di sudutnya yang mendukung inisiatif Map Kit. Secara khusus, saingan Google Yandex dan Booking Holdings yang berbasis di Rusia, perusahaan Amerika di belakang agregator tarif perjalanan populer dan mesin metasearch tarif perjalanan, Booking.com, Priceline, Agoda, dan Cheapflight.

Tentu saja, Huawei masih berkomitmen pada platform Android dan aliansi Google yang sudah lama, tetapi karena embargo AS yang kontroversial, perusahaan terpaksa menemukan alternatif untuk layanan seperti Maps dan mempercepat pengembangan mereka.

Latest