Tuesday, August 11, 2020
       
Home News Tawarkan Harga Murah, Pemilik PS Store Diciduk karena Ponsel BM

Tawarkan Harga Murah, Pemilik PS Store Diciduk karena Ponsel BM

-

Jakarta, Selular.ID – Toko PS Store yang cukup popular di social media ternyata terjerat kasus perdagangan ponsel BM. Bea Cukai Kanwil DKI Jakarta melalui keterangan resminya mengungkap kasus jual-beli illegal yang dilakukan pemilik toko tersebut.

Dikatakan, tersangka berinisial PS itu telah diserahkan beserta barang bukti berupa 190 handphone bekas berbagai merek dan uang tunai hasil penjualan sejumlah Rp61.300.000

“Selain itu, juga diserahkan harta kekayaan atau penghasilan Tersangka yang disita di tahap penyidikan, dan akan diperhitungkan sebagai jaminan pembayaran pidana denda dalam rangka pemulihan keuangan negara (Dhanapala Recovery) yang terdiri dari uang tunai senilai Rp500 juta, rumah senilai Rp1,15 miliar, dan rekening bank senilai Rp50 juta.” Sambung pernyataan resmi Bea Cukai Jakarta, Rabu (29/7).

Penangkapan Tersangka dilakukan atas adanya pelanggaran pasal 103 huruf d Undang-undang No.17 tahun 2006 tentang Kepabeanan.

Pasal tersebut berbunyi: “setiap orang yang menimbun, menyimpan, memiliki, membeli, menjual, menukar, memperoleh, atau memberikan barang impor yang diketahui atau patut diduga berasal dari tindak pidana,”

Baca juga: Peredaran Ponsel BM Juga Jadi Tanggung Jawab Market Place

Tak main-main, ancaman pidana dari pelanggaran pasal tersebut mencapai 2 sampai 8 tahun penjara serta dikenakan denda Rp100 juta sampai maksimal Rp5 miliar. Dengan kata lain, pemilik toko PS Store terancam pidana maksimal 8 tahun serta denda maksimal Rp5 miliar.

Sejauh ini, proses penyidikan sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Timur untuk diproses lebih lanjut. Pihak Bea Cukai juga menghimbau agar masyarakat tetap berhati-hati dalam membeli smartphone serta tidak terpengaruh dengan iming-iming harga murah.

Seperti yang diketahui, PS Store terkenal dengan harganya yang sangat miring, terutama smartphone kelas atas dari berbagai merek. Menurut pantauan dari Selular.ID, harga jual di PS Store dengan harga resmi iBox bisa terpaut sampai 50%.

Misalnya, untuk harga iPhone X di PS Store hanya seharga Rp6.750.000, sementara harga resmi iBox Rp14.999.000. Artinya, ada selisih sekitar Rp8 jutaan. Angka yang sangat menggiurkan untuk sebuah iPhone.

Terutama, PS Store sering kali melibatkan para artis serta selebgram ternama, mulai dari Raffi Ahmad, Atta Halilintar, hingga Keanu. Toko gadget itu juga acap kali melakukan bagi-bagi hadiah alias Giveaway.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest