Wednesday, August 21, 2019
Home News Market Update 69 Hari, Pelanggan 5G Korsel Capai 1 Juta

69 Hari, Pelanggan 5G Korsel Capai 1 Juta

-

Jakarta, Selular.ID – Sepertinya adopsi 5G berjalan cukup baik di Korea Selatan karena menurut Kementerian Sains dan Teknologi pada 10 Juni ada 1 juta pelanggan di jaringan generasi baru tersebut.

Jumlah ini dicapai hanya dalam kurun waktu 69 hari saja, atau 11 hari lebih sedikit dari yang dibutuhkan Korsel untuk mencapai 1 juta pengguna 4G pada tahun 2011 silam.

Jaringan 5G secara komersial di Korea Selatan diluncurkan pada tanggal 3 April dan melihat jumlah pelanggan tersebut, berarti setiap hari negara mendapat rata-rata 17.000 pelanggan baru.

SK Telecom memegang 40% dari semua pelanggan 5G sementara Korea Telecom dan LG Uplus masing-masing mempunyai 30%.

SK Telecom dan KT mendapat lebih banyak pelanggan ‘upgrade’ dari 4G ke 5G dan pengguna LG Uplus tumbuh paling besar dengan perkiraan kenaikan 21% pada bulan lalu.

Meskipun terdapat kekurangan dengan kecepatan 5G dan jangkauan awal terbatas, tampaknya pemasangan BTS tambahan ditambah dengan promosi agresif dari smartphone 5G seperti Samsung Galaxy S10 5G dan LG V50 ThinQ 5G menyebabkan lebih banyak konsumen bertransmigrasi ke 5G.

Menurut proyeksi terbaru, akan ada tambahan 3-4 juta pengguna di Korsel yang bergabung ke 5G sebelum akhir tahun. Ketersediaan smartphone 5G dan jangkauan jaringan yang ditingkatkan akan menjadi pendorong utama adopsi yang lebih cepat.

Latest