Monday, June 17, 2019
Home News China Lakukan Operasi Jarak Jauh Pertama di Dunia Menggunakan 5G

China Lakukan Operasi Jarak Jauh Pertama di Dunia Menggunakan 5G

-

Jakarta, Selular.ID – Remote surgery atau operasi jarak jauh pertama pada manusia dengan menggunakan teknologi 5G berhasil dilakukan di Cina.

Pembedahan terhadap seorang pasien tersebut merupakan kolaborasi antara perusahaan teknologi Huawei, China Mobile, dan Rumah Sakit Umum Cina PLA, dilakukan pada Sabtu (16/3/2019).

Menurut laporan harian Global Times, ahli Bedah Ling Zhipei langsung melakukan operasi tersebut, meskipun ia secara fisik berada di Provinsi Hainan, Cina Selatan.

“Dia menanamkan neuro-stimulator, atau ‘alat pacu jantung’ menjadi pasien dengan penyakit Parkinson di Rumah Sakit Umum PLA Cina di Beijing. Ling mengoperasikan peralatan medis melalui gambar yang ditransmisikan didukung oleh teknologi 5G. Prosedur ini berlangsung selama tiga jam,” tulis surat kabar itu.

Proses ini dimungkinkan dengan teknologi 5G latensi rendah yang disediakan oleh perusahaan penyedia jaringan Huawei dan operator China Mobile, menjadikan pengiriman data berlangsung hampir instan.

“Rasanya seperti operasi real-time. Saya bahkan tidak merasa bahwa pasien sesungguhnya berada 3.000 km jauhnya,” kata Ling setelah operasi, seperti yang dimuat dalam rilis resmi China Mobile.

Gejala-gejala pasien, termasuk tremor tungkai dan kekakuan otot, secara signifikan berkurang setelah prosedur. Pasien pun dinyatakan dalam kondisi stabil, tambah Ling.

Operasi jarak jauh dengan menggunakan 5G, sesungguhnya bukan yang pertama di China.

Teknologi 5G digunakan dalam operasi yang dilakukan pada seekor babi pada tahun lalu. Saat itu seorang dokter dari 301 Rumah Sakit di Beijing mengeluarkan sebagian hati babi menggunakan dua lengan robot di Fuzhou, ibukota Provinsi Fujian, Tiongkok Timur.

Itu adalah operasi jarak jauh pertama di dunia yang menggunakan teknologi jaringan selular 5G pada seekor hewan, pungkas Global Times.

Latest