Saturday, September 21, 2019
Home News E-Commerce Penyewaan Sepeda Kikis Perjalanan Mobil Uber

Penyewaan Sepeda Kikis Perjalanan Mobil Uber

-

Jakarta, Selular.ID – Nama Uber sudah tidak berkibar di Indonesia dan di Asia Tenggara, namun di negara lain di luar kawasan, Uber terus beroperasi dan semakin berkembang. Bukan hanya menawarkan layanan ride-sharing berupa mobil tetapi juga penyewaan sepeda kayuh yang diberi label Jump.

Laporan terbaru perusahaan menunjukkan ketersediaan sepeda Jump semakin mengikis permintaan berkendara dengan Uber mobil.

Selama 2018, lebih dari 63.000 orang memanfaatkan sepeda Jump di San Francisco, California, AS. Jump mengumumkan sebanyak 625.000 perjalanan dilakukan menggunakan layanan sepedanya.

Setiap sepeda Jump di San Francisco mengantarkan rata-rata tujuh perjalanan per hari. Angka itu jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata industri dimana per sepeda berekspedisi satu hingga dua kali per hari.

Layanan Jump awalnya meluncurkan 250 unit sepeda pada awal tahun, kemudian ditambah 250 sepeda di bulan Oktober. Jumlah yang terbilang sedikit itu mungkin berkorelasi dengan jumlah perjalanan yang tinggi, namun Jump mengatakan tingkat pemanfaatannya tetap konsisten, meski pasca ekspansi dari 250 sepeda menjadi 500 sepeda.

Sebagai perbandingan, rival Jump di San Francisco, Ford GoBikes memiliki 1.200 unit sepeda dengan sekitar 5.500 pengendara aktif. Tahun lalu, Ford GoBikes mencatat total 1,4 juta perjalanan.

Pada Oktober, Ford GoBikes mencatat satu hingga dua perjalanan per sepeda, sementara Jump melaporkan delapan hingga 10 perjalanan per sepeda per hari.

Di sisi lain, penetrasi Jump ternyata berpengaruh pada jumlah perjalanan Uber mobil. Pada bulan Juli, Uber melaporkan jumlah perjalanan mobil berkurang 10 persen sementara frekuensi perjalanan Jump + Uber meningkat 15 persen.

“Sejak penelitian itu dirilis pada bulan Juli, tren itu tetap konsisten,” tulis CEO Jump Ryan Rzepecki dalam sebuah posting blog.

“Karena keterlibatan keseluruhan (Uber+Jump) meningkat, perjalanan Uber mobil menurun dan perjalanan Uber selama periode puncak semakin menurun bagi pengguna Uber yang mulai menggunakan Jump pada aplikasi Uber.”

Melihat hasil yang memuaskan, beberapa bulan yang lalu Jump meluncurkan sepeda pedal-assist generasi berikutnya yang memiliki kemampuan 4G, diagnosa on-board, kunci kabel yang dapat ditarik dan dudukan telepon.

Latest