Monday, June 17, 2019
Home News Ini Chip A12 Bionic yang Perkuat iPhone XS

Ini Chip A12 Bionic yang Perkuat iPhone XS

-

Jakarta,Selular.ID – Akhirnya Apple secara resmi mengumumkan tiga varian iPhone terbaru, yakni iPhone XS, XS Max, dan XR di di Teater Steve Jobs, Cupertino, California, Kamis (13/9/2018) dinihari WIB atau Rabu (12/9/2018) pagi waktu California, dalam sebuah gelaran bertajuk Gather Round.

Berbarengan dengan itu juga, Apple memperkenalkan chipset terbarunya A12 Bionic. Kabarnya soal efisiensi, A12 Bionic diklaim 15% lebih cepat dan 50% lebih efisien dibanding A11.

Dilaporkan The Verge, Chip A12 Bionic memiliki CPU dengan enam inti di dalamnya, dua mendorong performa dan empat untuk efisiensi.

Lalu, GPU-nya memiliki empat inti yang diklaim 50% lebih cepat dibanding A11. Hadirnya GPU dengan empat inti itu pun disebut dapat meningkatkan performa grafis saat bermain game hingga ketika mengedit video.

Kemudian, ada juga pembaruan pada Neural Engine yang berguna untuk kebutuhan kecerdasan buatan. Jika pada A11 bagian ini hanya memiliki dua inti, Neural Engine di dalam A12 Bionic sudah disematkan delapan inti.

Hal tersebut membuatnya mampu menjalankan 5 triliun pekerjaan dalam satu detik. Sebelumnya, A11 hanya mampu menyelesaikan 600 miliar tugas per detik.

Phil Schiller, Wakil Presiden Senior Marketing Apple, mengungkapkan jika A12 Bionic dapat dikatakan sebagai chip paling kuat yang pernah ada dalam sebuah smartphone dan akan memberikan pengalaman bermain ponsel yang mumpuni.

Untuk informasi, selain Apple vendor ponsel cerdas lainnya seperti Google dan Huawei juga berlomba untuk menyematkan chip AI baru ke perangkat mereka. Hal ini baik untuk meningkatkan berbagai fitur dalam handset.

Untuk diketahui chip A12 Bionic benar-benar sudah ditanamkan pada trio ponsel Apple terbaru, yaitu iPhone XS, XS Max, dan XR. Berdasarkan situs resmi perusahaan pimpinan Tim Cook itu, ketersediaan ketiga smartphone sudah dimulai sejak bulan ini.

Dalam implementasinya, chip ini diklaim mampu meningkatkan performa ponsel terhadap berbagai pekerjaan, seperti augmented reality, gaming, fotografi, Face ID, hingga emoji.

Latest