asus data transfer

Jakarta, Selular.ID – Kegiatan memindahkan data dari ponsel lama ke ponsel baru bukanlah hal yang memakan banyak waktu. Beberapa tahun lalu, pengguna masih menggunakan cara yang menurut saya konvensional, menggunakan perangkat PC untuk memindahkan data.

Namun sekarang, pengguna tidak perlu repot lagi menggunakan cara konvensional, apalagi di era canggih ini sudah banyak pengguna yang memanfaatkan penyimpanan berbasis awan (cloud). Hal ini tentunya semakin mempermudah sekaligus mempercepat proses penyimpanan.

Saat ini, hampir seluruh vendor ponsel memberikan dukungan terhadap transfer data melalui aplikasi built-in. Salah satunya vendor asal China, ASUS, yang belum lama ini meluncurkan varian flagship, ZenFone 5.

BACA JUGA:
Kenali 4 Hal Ini Sebelum Membeli Laptop

Jika Anda membeli smartphone terbaru milik ASUS, pasti Anda akan menemukan fitur-fitur terbaru dalam balutan ZenUI 5. Salah satunya ASUS Data Transfer, yang memungkinkan Anda mengirim data dari ponsel lama ke ponsel yang baru secara praktis.

Fitur transfer data melalui jaringan wireless saat ini hanya bisa digunakan untuk ponsel yang memiliki sistem operasi Android 6.0 Marshmallow keatas. Beberapa lini ZenFone yang sudah menggunakan Android versi 6.0 Marshmallow keatas saat ini ialah: ZenFone 4, Max Pro, dan ZenFone 5.

Lantas, bagaimana cara untuk memindahkan data dari ponsel lama ke ponsel baru menggunakan ASUS Data Transfer? Simak tutorialnya berikut.

BACA JUGA:
Printer Sering Bermasalah? Ini Cara Mengatasinya

Disini, saya menggunakan ASUS ZenFone 5Q dengan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat yand dibalut ZenUI 5.

  1. Pergi ke Settings – Cadangkan dan Setel Ulang
  2. Aktifkan terlebih dahulu fitur ini dengan memilih “Cadangkan data saya”
  3. Disini Anda akan disuruh untuk memilih akun Google yang digunakan untuk menyimpan data Anda
  4. Jika sudah, silahkan kembali ke menu sebelumnya, dan pilih “Data Transfer
  5. Berikan izin aplikasi ASUS Data Transfer agar dapat digunakan
  6. Kemudian pilih “memulai”. Dalam menu ini, Anda akan memilih apakah ponsel yang Anda pegang adalah perangkat lama atau baru
  7. Jika yang Anda pilih perangkat lama, maka Anda akan melakukan pemindaian kode QR yang akan di-generate pada ponsel baru. Disini saya memilih perangkat lama
  8. Selanjutnya, pindai kode QR yang telah di-generate pada ponsel baru. Tunggu beberapa saat hingga kedua ponsel terhubung melalui jaringan wireless
  9. Anda akan memilih data apa saja yang akan di-transfer (kontak, log panggilan, file, aplikasi)
  10. Pilih “Kirim” untuk memulai proses pemindahan data
BACA JUGA:
Tips Mudah Gunakan Night Mode di Smartphone Android

Silahkan tunggu beberapa saat hingga proses transfer data selesai. Kecepatan transfer ini tergantung seberapa besar file yang Anda miliki. Semakin besar ukuran file, maka semakin lama pula proses pemindahan data tersebut. Selamat mencoba!