Jakarta, Selular.ID – Memasuki bulan Agustus, sejumlah lembaga riset global telah selesai ‘menghitung’ dan mulai mengeluarkan laporan kuartal kedua seputar industri smartphone. Setelah kemarin IDC menyebut pengapalan smartphone Huawei melampaui Apple, kini giliran Counterpoint yang melontarkan hasil serupa dan menyoroti kinerja Nokia.

Meskipun menjual ponsel dan smartphone merek lawas Nokia, HMD Global sebenarnya perusahaan yang cukup muda. Didirikan pada bulan Desember 2016, kurang dari dua tahun yang lalu.

BACA JUGA:
Tancap Gas, Huawei Y9 2019 Resmi di India

Adalah pencapaian mengesankan bagi HMD yang sekarang sudah menjadi Top 10 produsen smartphone (bukan ponsel fitur) secara global dalam hal pengiriman, menurut data dari Counterpoint Research.

Membandingkan kuartal kedua tahun ini dengan tahun 2017, pengiriman HMD tumbuh sebesar 782% dengan total ada 4,5 juta unit yang dikirim.

Angka itu sekitar separuh jumlah pemain mapan seperti LG dan Lenovo (ditambah Motorola). Malah, melampaui HTC dan Sony yang bahkan tidak masuk daftar Top 10.

BACA JUGA:
Gambar Casing Nokia 9 Beredar, Punya 5 Kamera?

Pengapalan 4,5 juta unit itu menempatkan HMD dan merek Nokia di posisi ke-9 secara global dengan sekitar satu persen pangsa pasar smartphone dari total pengiriman.

Sebagai gambaran, tiga merek teratas mengirimkan 46% dari seluruh smartphone di Q2.

Selain Nokia, Counterpoint juga menunjukkan perusahaan lain yang berkinerja baik adalah Huawei dengan kenaikan 41% YoY dan melampaui Apple, dan Xiaomi yang naik 43%.

BACA JUGA:
Huawei Sudah Kantongi Nama Untuk Ponsel Layar Lipatnya

Di nomor 4, Xiaomi sedang mengejar Apple yang menempati posisi ketiga, membuntuti pembuat iPhone dengan selisih sekitar 8 juta unit.

Pada tiga bulan kedua 2018 ini, Counterpoint menyebut kinerja Samsung menurun sebesar 11% dari periode sama tahun lalu serta LG turun 23%.

Perlu dicatat, statistik di atas hanya memperhitungkan smartphone. Jangan lupa bahwa ponsel fitur Nokia mendominasi Top 3 secara global.