Jakarta, Selular.ID – Pemerintah China bereaksi keras atas keputusan Australia yang melarang Huawei dan ZTE untuk turut serta dalam tender pembangunan infrastruktur 5G di negeri itu.

Menurut Kementerian Perdagangan China, keputusan memblok kedua vendor itu pada akhirnya akan merugikan iklim bisnis sekaligus membuat masyarakat Australia membayar lebih besar dari seharusnya.

Mengutip laporan The Australian Financial Review, intervensi yang dilakukan pemerintah China terbilang langka.

Kementerian Perdagangan secara terbuka mengeluarkan pernyataan yang mengkritik langkah oleh pemerintah Australia, yang diumumkan pekan lalu.

BACA JUGA:
Dengan Teknologi Ini, ZTE Mendukung Peningkatan Produktivitas Nelayan di Gorontalo

Otoritas China menilai larangan tersebut akan berdampak negatif pada kepentingan bisnis dari kedua negara.

Kementerian Perdagangan China pun mendesak Australia untuk mengikuti jalan bisnis dan perdagangan bilateral dari kerjasama yang sudah dibangun selama ini.

China menegaskan agar pemerintah Australia tidak menggunakan isu keamanan nasional sebagai alasan untuk “campur tangan dan membatasi operasi bisnis normal” dari perusahaan-perusahaan China.

Sebagaimana diketahui, meskipun tidak secara khusus menyebut Huawei dan ZTE, keputusan Australia untuk melarang kedua vendor dalam pembangunan jaringan 5G, berbuntut pada pro dan kontra.

BACA JUGA:
Sikapi Seruan Boikot Terhadap Huawei, Eropa Terbelah

Pasalnya, kebijakan yang tidak popular itu diluar ketentuan hukum dan dipercaya berasal dari tekanan pemerintah asing. Pelarangan berpartisipasi dalam penggelaran 5G tampaknya menjadi serangan terselubung pada ekspansi kedua vendor itu.

Seperti yang telah dilakukan oleh pemerintah AS, sejak Presiden Donald Trump berkuasa di Gedung Putih.

Dalam tanggapan resmi, Huawei menilai keputusan pelarangan sepenuhnya bermotif politik. Vendor yang bermarkas di Shenzen itu memperingatkan bahwa keputusan itu akan menjadi kontra produktif.

BACA JUGA:
Ikuti Jejak Australia, Selandia Baru Larang Huawei Bangun Jaringan 5G

Hal itu bisa berdampak pada melambungnya harga yang lebih tinggi untuk konsumen dan bisnis Australia karena berkurangnya persaingan. Pada akhirnya pengeluaran akan meningkat dari sisi pelanggan.

Huawei juga mencatat hukum Cina melarang intervensi pemerintah dalam setiap jenis usahanya. Huawei pun menegaskan bahwa tidak ada keterlibatan intelijen yang melibatkan pemerintah dalam setiap operasi Huawei di seluruh dunia, termasuk Australia.