Jakarta,Selular.ID – Beberapa vendor smartphone telah menyematkan fitur untuk dapat membuat avatar berdasarkan wajah pengguna seperti animojis Apple, atau Samsung AR.

Kini, Google mengikuti langkah yang sama. Dilaporkan Engadget, kemampuan membuat avatar serupa Bitmoji tersebut kini diperluas ke aplikasi papan ketik Gboard yang juga bikinan Google.

Artinya, pengguna GBoard bisa membuat stiker mini diri sendiri. Cara kerjanya hanya mengambil selfie diri sendiri, setelah itu hasil foto langsung dibuat versi kartun sebagai stiker unik.

BACA JUGA:
Jaket Ini Bisa Ingatkan Anda Jika Ketinggalan Smartphone

Hasilnya, bisa dikirim ke teman atau kontak lainnya, ada pula variasi stiker untuk mewakili emosi yang berbeda. Setidaknya 100 stiker berdasarkan avatar bermode Bold atau Sweet dapat dipilih pengguna.

Pilihan baru untuk membuat avatar personal bisa ditemukan di bagian stickers di dalam aplikasi Gboard.

Tampilan avatar bisa juga disesuaikan terlebih dahulu agar cocok dengan selera.

BACA JUGA:
For You di Google Maps Perluas Jangkauan di Sejumlah Negara

Di balik kreasi avatar Mini ala Gboard, Google menerapkan teknologi machine learning dan neural network supaya bisa membikan avatar semirip mungkin dengan tampilan wajah pengguna.

Dengan dua teknologi tersebut, detil-detil seperti warna kulit dan mata, model potongan rambut, bentuk wajah, hingga kumis dan janggut bisa dideteksi dan ikut ditambahkan di avatar.

BACA JUGA:
Google Konfirmasi Tutup Aplikasi Chat Allo

Google menggulirkan fitur avatar secara bertahap ke aplikasi Gboard di platform Android dan iOS. Masih belum jelas kapan semua pengguna akan kebagian.