Jakarta, Selular.ID – Sebagai smartphone unggulan, Huawei P20 Pro mempunyai banyak fitur canggih. Jika Anda memilikinya, berikut tips dan trik yang akan membantu Anda memaksimalkan Huawei P20 Pro.

1Mengubah keyboard

Saat pertama menyalakan Huawei P20 Pro, keyboard SwiftKey sudah terpasang. Jika Anda tidak suka Swiftkey, bisa dengan mudah mengubahnya ke keyboard lain.

Misalnya, jika Anda lebih suka menggunakan Google Gboard, unduh aplikasinya dari Google Play Store. Setelah diinstal, buka Pengaturan> Sistem> Bahasa & Input> Keyboard default.

Kemudian akan muncul pop-up untuk memilih keyboard yang terinstal, lalu pilih aplikasi yang ingin digunakan.

Di halaman pengaturan ini juga pengguna bisa menyesuaikan keyboard lebih jauh sesuai dengan keinginan.

2Mengatur Face Unlock

Autentikasi wajah di perangkat Android termasuk fitur baru setelah Oreo hadir, termasuk di Huawei P20 Pro. Belum bisa untuk akses layanan perbankan, fitur Face Unlock di Huawei P20 Pro murni berperan untuk memudahkan pengguna membuka kunci smartphone dengan cepat.

Ketika pertama kali menyalakan Huawei P20 Pro, Anda akan diminta untuk mengonfigurasi Face Unlock. Jika Anda skip, cukup buka Pengaturan> Keamanan & privasi> Buka kunci wajah.

Jangan lupa buat PIN terlebih dahulu, kemudian ketuk Lanjutkan> Izinkan.

Akan muncul layar viewfinder yang bulat. Pastikan wajah Anda terpusat dan dalam cahaya yang baik, karena kamera depan akan mendeteksi. Kemudian pilih bagaimana Anda ingin Face Unlock berfungsi.

Direct Unlock atau kunci langsung akan secara otomatis memindai wajah dan membuka kunci smartphone ketika layar menyala, dan Slide untuk membuka kunci akan meminta Anda menggeser layar untuk menuju homescreen.

Anda juga bisa meminta konten pemberitahuan layar kunci disembunyikan sampai wajah Anda dipindai.

 

3Uninstal atau menonaktifkan aplikasi yang tidak perlu

Layaknya smartphone Android pada umumnya, Huawei P20 Pro juga hadir dengan bloatware. Pada versi Indonesia pun pengguna akan menemukan aplikasi bawaan seperti eBay, Booking.com, Quik, Instagram, dan Netflix.

Sebagian besar aplikasi itu bisa di-uninstal, tapi ada yang hanya bisa dinonaktifkan.

Untuk mencopot pemasangan aplikasi, tekan lama ikon aplikasi dan seret ke tab Hapus Instalasi yang terletak di sisi kanan atas bilah notifikasi. Setelah itu, Anda hanya perlu mengklik OK di jendela pop-up untuk menyetujui proses.

Yang tidak bisa di-uninstal, Android memberi Anda opsi untuk menonaktifkannya. Menonaktifkan aplikasi membuatnya tidur dan tidak memungkinkannya berjalan di latar belakang. Ini juga menghapus data dan pembaruan apa pun, mengembalikannya ke versi pabrik.

Untuk menonaktifkan aplikasi, buka Pengaturan> Aplikasi & pemberitahuan> Aplikasi. Ketuk aplikasi yang ingin dinonaktifkan dan pilih Nonaktifkan.

Jika aplikasi tetap berjalan, bisa pilih Force Stop> OK sebelum menonaktifkan aplikasi.

 

4Menyesuaikan homescreen

Salah satu cara terbaik untuk mempersonalisasi smartphone adalah dengan mengubah widget, wallpaper, dan fitur lain di homescreen.

Untuk mengakses berbagai tools penyesuaian ini, tekan lama pada area kosong di homescreen. Anda akan melihat beberapa ikon penyesuaian muncul di bagian bawah layar.

Ketuk Wallpaper untuk mengganti wallpaper di lockscreen dan homescreen. Anda bisa menggeser semua opsi yang berbeda di bagian bawah layar atau mengetuk tombol Galeri untuk menggunakan foto sendiri. Ada juga ikon Illusion dan Digulir yang lebih fleksibel.

Setelah memilih wallpaper yang diinginkan, cukup tekan tanda centang di sudut kanan atas dan pilih antara lockscreen, homescreen, atau keduanya.

Widget memungkinkan Anda menambahkan versi kecil aplikasi favorit ke homescreen untuk akses cepat. Untuk menambahkan widget ke layar, tekan ikon Widget dan seret favorit Anda ke area kosong di homescreen.

Jika Anda ingin mengubah ukuran atau menghapus widget, tekan lama untuk mengubah atau menyeretnya ke tempat sampah di kanan atas bilah notifikasi.

Transisi akan mengubah animasi yang digunakan saat beralih antar layar atau membuka aplikasi. Untuk mengubah transisi default, tekan lama pada homescreen dan tekan ikon Transisi.

Ketuk opsi transisi yang berbeda untuk melihat pratinjau animasi. Setelah memilih transisi ideal, ketuk area kosong di homescreen untuk mengaktifkannya.

 

5Menghapus nama operator

Notch pada Huawei P20 Pro menyebabkan area notifikasi terlihat sesak di bagian atas layar. Untungnya, cukup mudah untuk memperluas ruang dengan menyembunyikan nama operator di area tersebut.

Caranya, buka Pengaturan> Aplikasi & pemberitahuan> Notifikasi & bilah status dan matikan nama operator Tampilan.

6Menonaktifkan bilah navigasi

Jika Anda mencari pengalaman layar penuh yang lengkap, Anda bisa menghapus area navigasi Android si Huawei P20 Pro.

Ada beberapa pilihan untuk menggantinya: bisa memilih menggunakan Tombol navigasi di layar, atau sensor sidik jari sebagai tombol navigasi di luar layar.

Ya, Anda bisa mengontrol smartphone dengan sensor sidik jari. Satu ketukan bertindak sebagai tombol kembali, menekan dan menahan Home, dan menggeser ke kanan akan membuka Recent Apps. Opsi ini menyediakan lebih banyak ruang di layar, tetapi Anda perlu waktu untuk membiasakan diri.

Buka Pengaturan> Sistem> Navigasi sistem. Pilih tombol navigasi di luar layar untuk menggunakan sensor sidik jari sebagai metode navigasi utama Anda.

Jika Anda tidak ingin bergantung pada sensor sidik jari, Anda juga bisa memilih tombol Navigasi Layar yang menciptakan satu ikon navigasi di bagian bawah layar.

7Menyembunyikan notch

Hampir semua flagship 2018 hadir dengan notch (poni) dan Huawei P20 Pro tidak terkecuali. Namun software perusahaan menyediakan opsi menyembunyikan poni dengan menempatkan dua balok hitam di sekitarnya.

Caranya, buka Settings> Display> Notch dan klik Hide notch button.

8Mengaktifkan App Drawer

Secara default, Anda akan melihat semua aplikasi di homescreen Huawei P20 Pro. Jika Anda lebih suka menyimpan ikon-ikon lebih rapi, Anda bisa mengaktifkan App Drawer untuk menyimpan semua aplikasi.

Untuk mengaktifkan Laci Aplikasi cukup sederhana: Buka Pengaturan> Tampilan> Gaya layar awal dan pilih Laci.

Cara menggunakan kamera P20 Pro

Triple Leica Camera adalah keunggulan Huawei P20 Pro. Perusahaan terus menyederhanakan software kameranya agar lebih mudah digunakan, tetapi ada banyak kiat dan trik yang perlu Anda ketahui untuk menguasainya.

9Mengubah resolusi kamera

Huawei P20 Pro hadir dengan kamera utama 40MP. Pada setingan awal, Huawei mengatur megapiksel standar sedikit lebih rendah. Hal itu dikarenakan beberapa fitur kamera tidak berfungsi pada resolusi tertinggi, seperti zoom optik 3x, mode Malam, dan lainnya.

Untuk mengubah hitungan megapiksel, buka aplikasi Kamera dan ikon roda gigi di sisi kanan atas. Pilih Resolusi dan pilih resolusi yang diinginkan.

10Mengaktifkan slow motion

Video gerak lambat memungkinkan Anda menangkap efek gerak lambat seperti di film Matrix. Sama seperti Samsung Galaxy S9 dan Sony Xperia XZ2, Huawei P20 Pro juga bisa merekam video gerak lambat dalam 960 frame per detik.

Menggunakan mode ini cukup mudah. Buka aplikasi Kamera dan geser slider di atas tombol rana ke kiri sampai Anda melihat opsi Lainnya. Ketuk Slow-mo dan pilih kecepatan 32x dari ikon di sebelah kanan tombol rana.

Tekan tombol rana saat Anda siap untuk membuat video. Anda akan memiliki dua detik untuk mengambil rekaman gerak lambat Anda.

 

11Menggunakan mode Monochrome

Memang tidak sedikit smartphone yang menawarkan filter monokrom, tapi Huawei adalah satu-satunya merek yang memiliki lensa monokrom khusus yang disetel oleh para ahli di Leica.

Menggunakan lensa monokrom, dibandingkan dengan filter, memungkinkan Anda untuk mengambil foto hitam putih yang memukau dengan detail sempurna.

Apakah untuk potret cantik atau sekadar artistik, mode Monokrom pada Huawei P20 Pro tidak boleh dilewatkan.

Caranya, buka aplikasi Kamera dan gerakkan slider di atas tombol ambil ke Lainnya. Ketuk ikon Monokrom. Anda akan melihat menu opsi yang berbeda muncul, termasuk Normal, Aperture, Portrait, dan Pro.

Meski banyak pilihan, menggunakan mode Normal atau Potret akan menghasilkan foto terbaik, kecuali Anda seorang fotografer yang berpengalaman. Setelah Anda memilih mode, cukup klik tombol rana untuk mengambil bidikan.

12Matikan mode A.I.

Huawei P20 Pro menawarkan mode yang dibantu kecerdasan buatan atau Ai di kamera belakang. Mode bantuan AI dapat mendeteksi lebih dari 500 skenario berbeda dalam 19 kategori yang berbeda dan membuat penyesuaian untuk membantu Anda mendapatkan foto terbaik.

Kendati mode AI biasanya membantu mendeteksi objek dan skenario yang berbeda, tetapi beberapa pengguna tidak merasa memerlukannya.

Jika Anda lebih memilih untuk memotret tanpa mesin AI, sangat mudah untuk menonaktifkannya. Buka aplikasi Kamera dan ketuk ikon roda gigi di sisi kanan atas. Dari menu Pengaturan, cukup matikan opsi Master AI.

13Memotret cepat

Sebagian besar smartphone menyediakan opsi memotret cepat dari layar terkunci, tidak terkecuali Huawei P20 Pro, namun pengaturan standarnya agak berbeda.

Saat Anda mengetuk dua kali tombol volume bawah, smartphone akan secara default mengambil foto, bukan hanya membuka kamera. Untungnya, cukup sederhana untuk mengubah pengaturan default.

Caranya ketuk pada aplikasi Kamera dan pilih ikon roda gigi. Di menu ini, pilih Ultra snapshot dan ubah default ke Open camera. Anda juga bisa menggeser ke atas dari layar terkunci untuk membuka kamera dengan cepat.

Fitur Lainnya Huawei P20 Pro

Huawei P20 Pro memiliki banyak fitur, beberapa diantaranya adalah fitur paling baru canggih.

14Mengaktifkan Always-On Display

Jika Anda suka dengan tampilan Always-On Display yang Anda temukan di Samsung Galaxy S9, Huawei menawarkan fitur yang sama persis, tapi tersembunyi di pengaturan.

Jika Anda ingin menambahkan Always-On Display ke Huawei P20 Pro, buka Pengaturan> Keamanan> Kunci & Sandi Layar> Selalu tampilkan informasi.

Di sini Anda akan memiliki opsi untuk menjadwalkan tampilan untuk waktu-waktu tertentu atau membiarkan layar tetap Nyala sepanjang hari.

15Aktifkan mode gelap

Mode Gelap tengah digandrungi pengguna smartphone. Mode gelap memang menawarkan benefit tambahan seperti hemat baterai, tapi beberapa pengguna menyukai Mode Gelap dari aspek estetika.

Untuk mengaktifkan mode gelap, buka Pengaturan> Baterai dan beralih ke warna antarmuka Darken. Sebagian besar layar pengaturan akan menggunakan mode gelap, kecuali aplikasi pihak ketiga.

Itulah 15 tips dasar menguasai Huawei P20 Pro. Smartphone sudah dijual di Indonesia sejak Juli lalu seharga Rp12 juta.

Huawei P20 Pro menampilkan layar 6,1 inci dengan bazel ultra-tipis. Handset ditopang prosesor Octa-core chipset Kirin 970 dipadu RAM 6GB, storage 128GB dengan penopang daya kapasitas 4.000mAh.

Di bagian belakang, tiga kamera Leica masing-masing beresolusi 40MP (RGB), 20MP (monokrom), serta 8MP (telefoto). Untuk bagian depan, Huawei P20 Pro menawarkan kamera berresolusi 24MP.