Minggu, 21 April 2024
Selular.ID -

Selamat Tinggal “Reuploader” YouTube!

BACA JUGA

Jakarta,Selular.ID – YouTube baru saja mengeluarkan algoritma terbaru untuk mendeteksi penjiplakan konten video. Hal ini dilakukan YouTube karena semakin maraknya pencurian konten video oleh para “reuploader”.

Fitur ini diberi nama Copyright Match, yang bertugas untuk menemukan konten video yang telah diunggah oleh pengguna pertama kemudian diunggah kembali oleh pengguna lain.

Algoritma ini akan memindai seluruh video yang tertampung dalam server untuk dicocokkan apakah ada video yang mirip atau bahkan sama. Ketika sebuah video yang sama ditemukan, maka video tersebut akan muncul pada halaman “matches”.

Menurut Fabio Magagna, Product Manager Copyright Match Tool, alat ini telah diuji kurang lebih satu tahun dengan para konten kreator. Hal ini bertujuan agar kedepannya Copyright Match dapat digunakan secara aman dan efektif pada seluruh komunitas.

“Tools ini dibuat kurang lebih selama satu tahun dan sudah diuji bersama konten kreator. Alat ini dirancang untuk menemukan video yang di-upload ulang secara penuh maupun yang diunggah hanya sebagian kecil,” tambah Magagna lewat blog resmi YouTube, Kamis (12/07).

Jika pengguna mendapatkan notifikasi tentang videonya yang dicuri, maka pengguna dapat melaporkan lewat halaman yang telah disediakan. Setelah itu, pengguna bisa memilih tindakan apa yang akan dilakukan, bisa dibiarkan atau dilaporkan.

Baca: Youtube Rilis Fitur Berita Untuk Dukung Jurnalisme

Pengguna juga dapat menghubungi pihak yang mencuri konten video secara langsung untuk mengklaim hak cipta, atau bisa menghubungi YouTube untuk meminta penghapusan video tersebut.

Dengan adanya fitur ini, para konten kreator merasa aman terhadap pencurian konten video yang mereka buat. Selain itu, kegiatan pencurian video oleh para reuploader akan berkurang secara perlahan. Selamat tinggal reuploader!

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU