BerandaNewsTelcoDemi Sehatnya Industri, Ririek Adriansyah Tegaskan Operator Perlu Jalankan Tiga Strategi

Demi Sehatnya Industri, Ririek Adriansyah Tegaskan Operator Perlu Jalankan Tiga Strategi

-

Jakarta, Selular.ID – Rendahnya tarif selular khususnya tarif data membuat kinerja keuangan operator tidak membaik, malah cenderung menurun. Untuk mencegah kemunduran industri, Dirut Telkomsel Ririek Adriansyah menegaskan pentingnya operator mengadopsi tiga strategi. Ketiganya adalah affordability, sustainability, dan inklusivitas.

Berbicara dalam perayaan HUT Telkomsel ke 23 di Ritz Carlton, Jakarta (16/7/2018), Ririek menyebutkan bahwa penetapan tarif merupakan instrument yang sangat penting bagi operator, tidak hanya untuk meraih konsumen namun juga untuk mengejar revenue.

Untuk itu, strategi pertama yang perlu diterapkan oleh operator adalah penerapan tarif yang affordable. Tidak berarti harus murah namun tetap terjangkau oleh masyarakat. Jika terlalu murah namun tidak wajar, maka selintas bagus untuk konsumen.

“Namun itu hanya bersifat jangka pendek, karena jangka panjangnya operator terancam bangkrut dan bisa tutup sehingga layanan akan terputus, tidak tersedia lagi”, ujar Ririek.

Kedua, harus sustainable. Artinya, industri harus sustain atau berkelanjutan. Operator yang beroperasi harus mampu bertahan.

“Karena jika collapse, masyarakat juga akan dirugikan atau kualitas layanan bisa menurun”, tambah Ririek.

Ketiga, harus merata atau bersifat inklusifitas. Artinya, operator harus membangun di semua wilayah sehingga ketersediaan layanan menjadi merata ke seluruh wilayah Indonesia. Saat ini kondisinya belum semua operator melakukan pembangunan yang merata, sesuai lisensi yang dimiliki.

“Telekomunikasi sudah menjadi hak bagi setiap individu. Masyarakat yang tinggal yang dipelosok memiliki hak yang sama dengan mereka yang tinggal di perkotaan. Karenanya wajib bagi operator untuk menggelar jaringan yang mampu menjangkau segenap masyarakat, sebagai bagian dari modern lisencing yang diberikan oleh pemerintah”, pungkas Ririek.

Artikel Terbaru