Friday, September 21, 2018

Review Honor 7S: Smartphone Layak Beli di Kelasnya

Jakarta, Selular.ID – Kehadiran Honor di Indonesia telah mengunang banyak perhatian para pengguna smartphone di Indonesia yang ditunjukkan lewat keberhasilan penjualan beberapa samrtphone yang dirilisnya.

Honor 7S menjadi salah satu smartphone yang juga mampu mendulang sukses pada penjualan perdananya.

Dibanderol dengan harga yang bersahabat, Honor 7S berusaha mencuri pangsa pasar Xiaomi Note 5. Bahkan di beberapa bagian, fitur yang dimiliki Honor 7S mampu mengungguli samrtphone milik Xiaomi tersebut.

Brief Spec

Tanggal Rilis9 Juli 2018
RAM/ROM2GB/16GB
ProsesorMediatek 6739
OSAndroid 8.1 oreo
Layar5,45 inci 18:9
Kamera13MP (Rear) + 5MP (Front)
HargaRp1.599.000
Fitur UtamaLoud Voice Call
Baterai3.020 mAh

Bagaimana performanya? Saya coba sajikan dalam ulasan berikut:

Kinerja

Untuk ulasan pertama sengaja saya akan memaparkan bagaimana kinerja smartphone Honor 7S karena buat saya hal pertama yang perlu diketahui adalah bagaimana sebuah smartphone mampu bekerja dengan baik untuk menunjang aktivitas harian penggunanya.

Menyasar segmen entry level dengan banderol Rp1.599.000 Honor 7S dibekali dengan prosesor Mediatek MT6739 yang dilengkapi dengan RAM 2GB dan kapasitas penyimpanan internal seluas 16GB. Slot kartu Micro SD pada Honor 7S mampu membaca data hingga 256GB.

Untuk pengoperasian handset, Honor 7S mengusung sistemn operasi Android Oreo 8.1.

Dengan dukungan konfigurasi hardware tersebut membuat smartphone ini cukup leluasa untuk ditanamkan berbagai aplikasi social media untuk kebutuhan eksistensi soasial di dunia digital bagi penggunanya.

Peralihan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya cukup mampu berjalan secara nyaman.

Secara teknis saya juga coba mengukur kinerja hardware Honor 7S dengan aplikasi AnTuTu Benchmark dan Geekbench sekedar untuk mengetahui berapa skor yang didapat meskiopun bagi pengguna yang terpenting adalah bagaimana pengalaman mereka saat menggunakan smartphonenya.

Berdasarkan hasil pengukuran menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark dalam kondisi baterai 100 persen terisi full skor yang didapat Honir 7S sebesar 46369. Sedangkan berdasarkan pengukuran menggunakan aplikasi Geekbench, skor yang didapat adalah 655 (single core) dan 1819 (multi core).

Baterai

Honor 7S dilengkapi dengan kapasitas daya baterai yang besar, yaitu 3020mAh yang didukung oleh fitur manajemen baterai-pintar Honor.

Hal ini berarti pengguna ponsel dapat menikmati Honor 7S sepanjang hari tanpa khawatir mengisi ulang baterainya.

Fitur

Yang menarik dari Honor 7S yang mungkin dilupakan oleh vendor lain dalam menghadirkan smartphonenya adalah adanya fitur powerful receiver dengan fungsi “Loud Voice Call” memastikan bahwa panggilan telepon masuk dapat diterima dengan keras dan jelas.

Dengan fitur tersebut, output audio yang mampou dihasilkan oleh Honor 7S akan lebih jernih 1,5 kali.

Di era layanan data memang pengguna smartphone sebagian besar lebih banyak memanfaatkan layanan chatting ataupun messaging. Namun demkian layanan voice tentu saja masih belum ditinggalkan sehingga keberadaan fitur ini sangat membantu.

Saya coba mengujinya di sebuah café dekat kantor dengan suasana yang cukup riuh mengingat ada penampilan live music di tempat itu. Benar saja, suara yang mampu diterima oleh Honor 7S dapat didengar sangat jelas, gemuruh music yang ada di sekitar tidak mengganggu panggilan telepon yang saya lakukan di tempat itu.

BACA JUGA:  Honor 7S Warna Gold Sudah Tersedia di Indonesia

Untuk mengaktifkan fitur ini pengguna cukup menekan tombol volume (+) hingga melebihi kisaran volume normal.

Desain

Memasuki ke bagian desain smartphone, Honor 7S memiliki penampilan cukup sederhana. Honor 7S yang saya pegang memiliki warna biru yang cukup memberikan kesan elegan.

Memiliki ketebalan 5mm di sisi kanan smartphone terdapat tombol power dan volume rocker. Sementara di sisi kiri terdapat slot SIM Card dan juga micro SD.

Di bagian muka tidak nampak adanya tombol fisik dengan logo Honor terlihat jelas di sisi bawahnya. Kamera selfi berada di bagian kanan atas smartphone.

Honor 7s Indonesia, Harga honor 7s Indonesia

Di bagian belakang terdapat kamera utama yang berdampingan dengan LED flash yang dikemas cukup rapih dengan cincin yang melingkari tidak terlalu menonjol.

Namun sayang cover belakang mudah menjadi kotor serta meninggalkan jejak tangan. Untuk itu sebaiknya pengguna melengkapi dengan cover tambahan karena Honor tidak menyediakan dalam paket penjualannya.

Layar

Honor 7S menampilkan layar kekinian FullView Display dengan aspek rasio 18:9 dan bentang 5.45 inci resolusi HD+ (1440×720) yang menjadikan smartphone ini memiliki layar yang cukup lebar.

Sesuai dengan tren layar penuh pada smartphone, Honor 7S menampilkan layar 5,45 inci di badan perangkat yang masih nyaman untuk dipegang dengan satu tangan, berkat bezel yang nyaris tidak ada.

BACA JUGA:  Honor 7S Warna Gold Sudah Tersedia di Indonesia

Full View display yang ditawarkan Honor 7S memberikan pengalaman lebih baik untuk melihat foto, menonton video dan berbagai hal menarik lainnya.

Ketika menonton Youtube, pengguna Honor 7S bisa memperlebar tampilan dengan mem-pinch kedua jarinya untuk memberikan area pandang yang lebih luas.

Dengan rasio layar 18:9 yang dimiliki oleh Honor 7S juga membuat tampilan layar saat browsing menjadi lebih luas. Saya coba membandingkannya dengan Asus Zenfone 4 selfi yang saya pegang. Tampilan layar Honor 7S mampu memberikan 1 baris tampilan lebih banyak.

Kemampuan memotret

Honor 7S ditopang dengan spesifikasi kamera utama dengan kapasitas resolusi sebesar 13MP yang dilengkapi dengan mode HDR dan juga mode pemotretan panorama.

Gambar yang mampu dihasilkan kamera Honor 7S terbilang biasa saja tetapi sangat cukup untuk kebutuhan posting di media social seperti Instagram.

Hasil jepretan kamera utama Honor 7S:

Untuk urusan swafoto, Honor 7S dibekali kamera 5MP. Namun kamera depan Honor 7S ditemani dengan fitur Selfie Toning Flash yang akan membuat foto selfie lebih terang alami.

Fitur ini memastikan wajah Anda terlihat terang bahkan dalam kondisi kurang cahaya, terutama untuk pengguna yang memiliki wajah gelap seperti saya.
Untuk menggunakannya, nyalakan LED selfie-light Honor 7S pada aplikasi Kamera, beralih ke mode selfie, lalu klik ikon flash di kiri atas dan pilih ikon LED selfie-light.

Di bawah ikon, Anda dapat mengatur ke atas atau bawah secara manual untuk menyesuaikan kecerahan hingga enam level. Atau Anda dapat memilih penyesuaian otomatis untuk pencahayaan optimal.

Hasil selfie menggunakan Honor 7S:

MUST READ

Ini 4 Fitur Andalan Vivo V11 Pro

Jakarta, Selular.ID – Vivo secara resmi meluncurkan smartphone barunya ke Indonesia yakni Vivo V11 Pro. Sejauh ini Vivo dikenal dengan inovasi dan teknologi barunya. Vivo...

LATEST

Waspada Serangan Trojan Berkedok Software

Jakarta, Selular.ID - Tim Riset dan Analisis Global Kaspersky Lab (GReAT) telah menemukan sejumlah infeksi Trojan tidak dikenal. Ada indikasi terkait dengan pelaku ancaman...

Percepat Pertumbuhan, OVO Tunjuk CTO Baru

Jakarta, Selular.ID - Dinilai memiliki keahlian teknis yang dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhannya, OVO menunjuk Budi Kusmiantoro sebagai Chief Technology Officer (CTO). Penunjukan Budi juga...

LG Rilis Proyektor Portable CineBeam Untuk Profesional Muda

Jakarta,Selular.ID - LG Electeonics kembali menghadirkan proyektor varian terbaru dari jajaran CineBeam yakni seri PH30JG dan seri PF50KG. Menurut Ferdiansyah, Projector Product Marketing LG Electronics...

OPPO Find X Review: Kejutan Terindah

Jakarta, Selular.ID – Tahun ini Apple resmi mengumumkan iPhone XS, XR, dan XS Max. Kali pertama dalam sejarah, Apple mengusung fitur Dual SIM Card...

Jegal AirPods, Freebuds 2 Pro Tampakkan Diri

Jakarta, Selular.ID - Awal tahun 2018 ini, Huawei meluncurkan earphone bernama Freebuds Pro. Kini Huawei kembali menyiapkan earphone barunya yakni Freebuds 2 Pro. Dikutip dari...