Jakarta,Selular.ID – Apple beberapa waktu lalu sedang mencari pemasok chip jaringan baru untuk iPhone tahun ini. Menurut Ming-Chi Kuo,analis KGI Securities, Apple diyakini sama sekali tidak menggunakan produk Qualcomm pada lini iPhone tahun ini.

Hal ini dikarenakan, Apple bersengketa soal pembayaran royalti. Hubungan Qualcomm dan Apple disebut-sebut mengalami keretakan. Beredar kabar bahwa Apple memutuskan untuk tak lagi memakai chip modem Qualcomm di produk-produk iPhone buatannya.

BACA JUGA:
iPhone Klaim Miliki Desain Berbeda Untuk Layar Lipatnya

Diberitakan Engadget, setelah pihak Apple mengkonfirmasi, kini pihak Qualcomm memberikan keterangan terkait itu, George Davis, CFO Qualcomm dalam sebuah teleconference pasca pengumuman laporan keuangan terbaru mengungkapkan, Apple berniat hanya menggunakan (chip) modem dari kompetitor tanpa modem dari Qualcomm, di iPhone selanjutnya.

Davis tak menjelaskan siapa persisnya pesaingnya itu. Besar kemungkinan sang pesaing itu adalah Intel yang produk-produk chip modem buatannya telah mulai dipakai di iPhone sejak model iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Namun sejauh ini Apple belum sepenuhnya menggunakan modem Intel di iPhone.

BACA JUGA:
Update Spotify Kompatible dengan iPhone XR dan XS Max

Menutut informasi, Intel akan menjadi pemasok eksklusif karena mampu memenuhi persyaratan teknis yang diminta Apple dan menawarkan harga lebih kompetitif.Chip jaringan Intel diperkirakan juga mendukung dual SIM dan dual standby meskipun tidak ada bukti konkrit bahwa lini iPhone mendatang bakal mendukung fitur-fitur tersebut.

Sebagai informasi, November tahun lalu, The Wall Street Journal menulis bahwa Apple berencana tidak menggunakan chip Qualcomm untuk iPhone dan iPad di 2018. Fast Company mengabarkan klaim lainnya yang menyatakan bahwa Apple bekerjasama dengan Intel dalam pengembangan modem 5G untuk iPhone mendatang.