Monday, May 20, 2019
Home Apps 4 Aplikasi ini Temani Perjalanan Mudik Anda

4 Aplikasi ini Temani Perjalanan Mudik Anda

-

Jakarta, Selular.ID – Momen Hari Raya Idul Fitri 1439 H di tahun 2018 ini, dimanfaatkan oleh para perantau yang memilih mudik ke kampung halaman untuk merayakan bersama sanak saudara disana. Untuk menuju kampung halaman, sebagian orang memilih menggunakan fasilitas umum, sebagian lagi menggunakan kendaraan pribadi.

Para pemudik yang memilih menggunakan kendaraan pribadi karena lebih efisien dari segi waktu dan biaya. Mereka juga memilih menggunakan kendaraan pribadi karena kehabisan tiket kendaraan umum. Sebaliknya, mereka yang menggunakan kendaraan umum karena mereka tidak perlu mengendarai kendaraan sendiri yang tentunya sangat melelahkan.

Arus lalu lintas di waktu mudik, tentunya sangat padat. Hal ini dikarenakan jumlah kendaraan baik pribadi maupun umum yang membludak menjelang hari lebaran. Sejumlah peristiwa terjadi sepanjang perjalanan mudik seperti kemacetan, kecelakaan dan lainnya.

Untuk memantau arus lalu lintas, petunjuk arah selama perjalanan mudik tentunya membutuhkan aplikasi peta dan navigasi, aplikasi pemantau lalu lintas dan aplikasi pendukung lainnya.

Berikut 4 aplikasi yang dapat menemani perjalanan mudik Anda.

  1. Aplikasi Mudik Restu Ibu

Aplikasi Mudik ini berfungsi layaknya aplikasi navigasi dan maps, namun memiliki fitur menarik. Dari segi desain, aplikasi Mudik Restu Ibu terlihat simple. Meski tampilannya simple, aplikasi ini menawarkan fitur yang cukup lengkap. Ada 3 pilihan menu yang disajikan aplikasi ini seperti jalur mudik, petunjuk arah, dan cari tempat.

Aplikasi Mudik Restu Ibu memiliki fitur utama seperti jalur mudik, petunjuk arah, dan cari tempat. Di jalur mudik terdapat jalur utara, jalur tengah dan jalur selatan yang bisa Anda pilih. Anda dapat memilih petunjuk arah sesuai dengan tujuan Anda.

Fitur tujuan arah ini sudah terhubung dengan aplikasi peta seperti gmaps dan aplikasi lainnya. Anda dapat menentukan tujuan mudik Anda melalui menu petunjuk arah. Caranya, cukup masukan kota tujuan Anda, kemudian aplikasi ini akan memberitahu jarak tempuh, waktu tempuh serta panduan navigasi yang terhubung dengan aplikasi gmaps, here maps dan aplikasi lainnya.

Untuk menu cari tempat, Anda dapat mencari tempat seperti terminal bis, restoran, masjid, SPBU, rumah sakit, kantor polisi, atm, bengkel dan tempat lainnya.

  1. Info Mudik 2018

Dari segi desain, aplikasi Info Mudik 2018 juga terlihat simple. Fungsinya juga hampir sama dengan Aplikasi Mudik Restu Ibu, namun hadir dengan sejumlah fitur menarik. Mulai dari info mudik gratis, info lalu lintas mudik, no telepon penting, info tiket kereta api, info tiket bus, info tiket pesawat dan info tiket kapal laut tersaji di aplikasi ini.

Sesuai namanya, info mudik gratis mereferensikan perusahaan mana saja yang mengadakan mudik gratis untuk para pemudik. Informasi seputar mudik dari Twitter dapat Anda lihat di Info Mudik Lalu Lintas Mudik.

Anda bisa mendapatkan informasi seputar nomor penting yang bisa Anda hubungi selama mudik. Info tiket kendaraan seperti bus, pesawat, kapal laut dan kereta juga dapat Anda peroleh di aplikasi ini.

  1. NTMC Mudik

Aplikasi mudik besutan NTMC Polri ini menyajikan beragam informasi seputar mudik. NTMC Mudik terintegrasi dengan aplikasi GPS seperti Gmaps dan Waze untuk melihat rute dan petunjuk arah selama mudik. Lokasi-lokasi penting seperti SPBU, Masijd, rumah makan, rumah sakit, bengkel, ATM, Bank, terminal, stasiun, bandara, hotel, tempat penginapan, kantor polisi dan lainnya ditampilkan di aplikasi ini.

Aplikasi ini juga mendeteksi titik lokasi rawan macet, rawan banjir, rawan longsor, rawan kecelakaan dan lainnya. Info no telepon penting seperti polisi, bandara, pelabuhan, jalan tol dapat Anda peroleh juga di aplikasi ini. Untuk memantau arus mudik secara langsung melalui CCTV, Anda bisa mengakses menu NTMC TV.

Aplikasi NTMC TV terintegrasi dengan NTMC mudik ini. Namun, Anda harus install aplikasi NTMC TV dulu untuk menggunakannya. NTMC Mudik juga terhubung dengan aplikasi pemerintah lainnya seperti Jasa Marga dan Jasan Raharja.

  1. Gmaps

Untuk menunjukan arah dan rute perjalanan mudik, aplikasi bawaan Google, Gmaps dapat Anda andalkan. Update terbaru Gmaps menghadirkan serangkaian fitur menarik. Kini rute perjalanan mudik menggunakan motor pun bisa didteksi oleh Gmaps versi baru. Sebelumnya hanya rute perjalanan menggunakan mobil, kereta dan pejalan kaki saja.

Lokasi yang ditampilkan update Gmaps ini juga lebih akurat. Info restoran, kafe, SPBU, ATM, apotek, took dan tempat lainnya dapat Anda ketahui melalui Gmaps.

Semoga mudik Anda menyenangkan dengan 4 aplikasi ini. Selamat mencoba.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest