Jakarta, Selular.ID – Berdasarkan laporam NetApp CTO Predictions for 2018, NetApp menemukan bahwa di tahun 2018 ini data akan menjadi sadar diri sehingga mampu mengkategorikan diri mereka sendiri. Hal ini juga mendorong pertumbuhan data yang cepat. Pertumbuhan data ini tentunya harus dikelola perusahaan dengan baik.

Data saat ini telah menjadi komoditas untuk bisnis, tidak hanya sekedar pendukung. Untuk dapat memaksimalkan potensi data, bisnis perlu memiliki kendali penuh dan memahami konteks dari data tersebut. Momen spesial seperti Ramadan dapat menjadi pendorong pertumbuhan ledakan data yang cepat di berbagai aspek industri.

BACA JUGA:
Tips Mudah Kirim File Besar Lewat Email

“Seiring dengan pertumbuhan data dan kemajuan teknologi, solusi yang tangkas dan scalable diperlukan beradaptasi di masa depan dan saat ini. Ini merupakan kunci bagi para bisnis untuk  tetap relevan dan kompeitif. Bisnis harus dapat memiliki kendali penuh dan memaksimalkan potensi data mereka,” ucap Ana Sopia, Country Manager, NetApp Indonesia melalui siaran pers yang diterima SelularID.

Ana Sopia, Country Manager, NetApp Indonesia membagikan tips untuk memaksimalkan potensi data dalam bisnis mereka. Berikut ulasannya.

  1. Pastikan keakuratan data

Tanpa data yang akurat, setiap bisnis tidak akan mampu memaksimalkan potensinya. Sebelum mengolah data, pastikan data yang ada sesuai database sistem. Dengan sistem tersebut, bisnis dapat mengelola dan mengontrol data mereka sendiri.

  1. Gunakan sistem analisa data yang handal
BACA JUGA:
Bukalapak dan ITB Dirikan Pusat Riset AI & Cloud Computing

Banyak perusahaan yang tidak memiliki sistem analisis data handal untuk menganalisa data tersebut. Hal ini tentunya menghambat bisnis mereka. Sangat penting bagi bisnis untuk memiliki sistem analisis data yang memadai.

  1. Cari referensi data dari berbagai sumber

Ada begitu banyak data di dunia ini. Data yang bersumber dari luar dikombinasikan dengan data internal bisa menjadi senjata ampuh bagi bisnis dan dapat membantu untuk menemukan insight yang baru. Contoh mudahnya, data dari media sosial.

  1. Manfaatkan machine learning dan artificial intelligence (AI)
BACA JUGA:
7 Teknologi Smartphone yang Hadir di 2018

Beberapa tahun terakhir, terdapat pertumbuhan tinggi terhadap analytic dan business intelligence. Machine learning dan AI memiliki kemampuan untuk merubah data yang banyak dan beragam menjadi sebuah insight.

  1. Kenali konsumen Anda

Dari berbagai interaksi dan prospek, bisnis dapat memperoleh insight yang berharga. Meskipun data ini secara tidak sadar terbentuk, perusahaan masih belum memanfaatkan hal ini dengan baik. Mengenal pelanggan adalah hal penting dan bisa jadi salah satu cara bagi perusahaan untuk memanfaatkan data mereka.