Tuesday, May 21, 2019
Home Apps Ini Alasan Tombol Darurat Grab Belum Terhubung Polisi

Ini Alasan Tombol Darurat Grab Belum Terhubung Polisi

-

Jakarta, Selular.ID – Tombol SOS atau tombol darurat yang baru saja diluncurkan Grab Indonesia tidak langsung terhubung pada pihak keamanan.

Dari tiga nomor yang didaftarkan, yakni nomor teman atau kerabat dekat, Grab Indonesia menyerahkan kepada tiga nomor tersebut untuk menindaklanjuti.

Hal itu diugkapkan Ridzki Karmadibrata, Managing Director Indonesia,  menurutnya ada alasan kenapa Grab Indonesia belum melakukan hal tersebut.

Salah satu alasannya belum bisa bekerja sama karena adanya kenaikan traffic pada masing-masing instansi tersebut. Salah satu faktornya karena dugaan main-main terhadap emergency button ini.

“Alasan kita belum bisa meluncurkan kepada kepolisian atau 112. Dikhawatirkan trafficnya tinggi untuk hak-hal yang tidak penting atau main-main itu yang kami hindari,,” tutur Ridzki di Jakarta (21/05/18)

Ia juga menambahkan alasan lainnya karena masalah kesepakatan dengan instansi tersebut, dikatakan Ridzki perlu ada evaluasi lagi terkait hal ini. Namun bukan tidak mungkin kalau tombol darurat ini langsung kepolisian atau instasi lainnya.

“Awalnya sebelum ke tiga nomor.teman atau kerabat lainnya Grab ingin langsung ke nomor.Polisi,  namun setelah dipertimbangkan hal itu belum terealisasi,”kata Ridzki

Jadi Grab memilih dengan fitur yang menghubungi tiga kontak terpilih untuk dihubungi saat keadaan darurat untuk saat ini

Namun ia mengharapkan dengan fitur tiga kontak dihubungi secara otomatis saat keadaan darurat itu akan menurunkan tingkat main-main  tersebut.

“Sejauh ini  tiga nomor yang bisa.dihubungi tingkat main-main sangat rendah. Karena kan sebelumnya sudah diverifikasi juga. Buat apa main-main juga kepada tiga orang yang dipercaya,” jelasnya.

Sebagai informasi, tombol emergency itu akan muncul di bagian atas maps saat melakukan perjalanan. Jika penumpang merasa terancam bisa langsung menekan tombol tersebut dan tiga kontak yang didaftarkan akan langsung menerima pesan.

Namun dalam fitur tersebut juga terdapat pengiriman pesan  otomatis kepada tiga kontak saat penumpang melakukan perjalanan diluar pola yang biasanya.

Baca juga: Tingkatkan Keamanan, Grab Kenalkan Tombol Darurat Untuk Penumpang

Kontak-kontak tersebut soal penumpang yang dalam keadaan bahaya dan lokasi penumpang tersebut. Selain itu juga ada permintaan untuk mengontak penumpang atau polisi setempat.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest