BerandaAppsTingkatkan Keamanan, Grab Kenalkan Tombol Darurat Untuk Penumpang

Tingkatkan Keamanan, Grab Kenalkan Tombol Darurat Untuk Penumpang

-

Jakarta,Selular.ID – Untuk meminimalisir tindak kejahatan di layanananya, Grab meluncurkan fitur tombol darurat yang digadang-gadang sebagai pertama di Indonesia.
Tombol  SOS adalah tombol untuk meningkatkan keselamatan para penumpang.

Dkatakan Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia tombol SOS atau tombol darurat dapat diakses melalui satu kali sentuhan, dan saat ini tersedia untuk seluruh penumpang di Indonesia.

“Ada rangkaian upaya pencegahan pada sistem keamanan yang sudah ada. Tombol SOS secara khusus merupakan contoh bagaimana Grab terus berusaha meningkatkan keselamatan penumpang dengan cara yang sederhana,”

Penumpang mendaftarkan tiga nomor teman untuk keadaan darurat pada side menu. Kemudian ketika melakukan langkah tersebut ketiga teman kita akan mendapatkan notifikasi. Kemudian tekan atur di kontak darurat.

“Dan disaat darurat, penumpang tekan dua kali ketukan pada tombol SOS untuk membagikan lokasi  secara otomatis kepada teman atau anggota keluarga.”tutur Ridzki, di Jakarta (21/05/18).

Lebih jauh Ridzki menuturkan, dengan fitur tombol SOS baru, kontak darurat milik para penumpang akan menerima pesan teks yang dikirimkan oleh Grab yang berisi instruksi untuk segera menghubungi penumpang atau menghubungi pihak berwenang terdekat berdasarkan tautan ‘Share My Ride’ yang juga secara otomatis dibagikan melalui pesan teks.

“Pesan teks ini akan dikirimkan secara otomatis ketika penumpang menekan tombol SOS atau ketika perjalanan yang tidak biasa terdeteksi oleh sistem Grab,”terang Ridzki.

Grab juga mengambil tindakan langsung untuk meningkatkan keamanan para penumpang dan mitra pengemudi melalui teknologi telematika dan keamanan. Grab mengumpulkan data telematika selama perjalanan Grab yang valid dan mencatat peristiwa seperti pengereman mendadak, akselerasi, dan mengebut.

Kemudian, Grab menggunakan data ini untuk memperkuat caranya meninjau dan memberikan umpan balik kepada para mitra pengemudi. Hal ini telah berhasil mengurangi kecepatan laju kendaraan mitra pengemudi GrabBike sebesar 35%.

Selain meluncurkan tombol SOS bagi para penumpang, Grab juga memperkenalkan kebijakan Know Your Driver Partners (KYP) terbaru untuk memastikan validasi dokumen pendukung dan syarat kendaraan millik para mitra pengemudi.

Menurut Ridzki, Grab juga merupakan perusahaan ride-hailing yang secara ketat menerapkan prinsip KYP bagi para mitra pengemudi GrabCar dengan tujuan meningkatkan aspek keselamatan para penumpang. Melalui proses KYP ini, Grab akan memeriksa seluruh dokumen fisik yang dimiliki oleh para mitra pengemudi (KTP, SIM, STNK, dan SKCK)3, serta menemui mereka secara langsung.

Grab juga melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kendaraan milik mitra pengemudi. Saat ini, proses terbaru ini sedang diterapkan pada tujuh kota besar. Jakarta, Bandung, Makasar, medan, palembang,manado, dan Lampung di Indonesia, yang selanjutnya akan diterapkan di kota-kota lainnya.

Selain fitur tombol SOS yang baru, Grab juga merupakan perusahaan ride-hailing satu-satunya yang secara ketat menerapkan prinsip KYP bagi para mitra pengemudi GrabCar dengan tujuan meningkatkan aspek keselamatan para penumpanng.

Baca juga: Grab Sosialisasi Aturan Ganjil Genap Bagi Taksi Online

Melalui proses KYP ini, Grab akan memeriksa seluruh dokumen fisik yang dimiliki oleh para mitra pengemudi (KTP, SIM, STNK, dan SKCK)3, serta menemui mereka secara langsung. Grab juga melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kendaraan milik mitra pengemudi. Saat ini, proses terbaru ini sedang diterapkan pada tujuh kota besar di Indonesia, Jakarta, Makasar, Bandung, Palembang, Manado, Medan serta  Lampung, dan selanjutnya akan diterapkan di kota-kota lainnya.

Artikel Terbaru