spot_img
BerandaNewsStartupLewat Sembrani Wira, Grab dan BRI Ventures Cari Pemimpin Start Up Baru

Lewat Sembrani Wira, Grab dan BRI Ventures Cari Pemimpin Start Up Baru

-

Jakarta, Selular.ID – Grab dan BRI Ventures pada hari ini, Rabu (9/6/2021), melalui konferensi pers virtual, secara resmi meluncurkan Grab Ventures Velocity (GVV) Batch 4 x Sembrani Wira, sebuah proyek yang menyatukan program akselerator Grab dan BRI Ventures untuk mendukung pengembangan startup di Indonesia.

Dengan tema baru Scaling Up Together: Emprowering Startup, Supporting Microentrepreneurs, program akselerator bersama ini bertujuan untuk mencari dan membimbing startup post-seed di Indonesia yang produk dan layanannya difokuskan untuk kebutuhan merchant serta wirausahawan mikro (UMKM).

Program akselerator ini akan diselenggarakan selama 12-16 minggu, dan para startup lokal terpilih bakal mendapatkan serangkaian workshop yang akan dibawakan oleh pakar industri, serta diberikan pendampingan dan juga berkesempatan untuk menguji coba produk mereka pada platform Grab selama 8 minggu. Selain itu, Startup terpilih juga memiliki kesempatan untuk menerima pendanaan dari BRI Ventures dan jaringan investornya.

Grab dan BRI Ventures ingin menumbuhkan ekosistem startup Indonesia dan mempercepat pengembangan solusi guna membantu UMKM berkembang di dunia digital. Startup yang menawarkan layanan Point of Sale (POS) Customer Relationship Management, e-Commerce enablement, Software as a Service (SaaS) dan layanan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan UMKM dapat mengikuti program akselerator ini.

Baca juga:6 Smartphone yang Mendarat di Indonesia Mei 2021

Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, mengungkap bahwa Ekosistem startup di Indonesia sangat menjanjikan. GVV Batch 4 x Sembrani Wira menghadirkan upaya terbaik dari Grab dan BRI Ventures untuk membantu memajukan ekonomi digital Indonesia.

“UMKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia dan jika kami dapat lebih membantu mereka berkembang di era digital, mereka akan memainkan peran penting dalam pemulihan ekonomi bangsa. Kami merasa sangat terhormat dapat bermitra dengan BRI Ventures dalam upaya ini dan tak sabar untuk bertemu dengan para startup terpilih tahun ini,” kata Neneng.

Disamping itu, Nicko Widjaja, selaku CEO BRI Ventures, juga menjelaskan bahwa BRI Ventures telah meluncurkan program akselerator Sembrani Wira Batch 1 pada awal tahun ini.

“Melalui Sembrani Wira, kami ingin membentuk para pemimpin masa depan dan memberi mereka peluang pendanaan. Bermitra dengan GVV merupakan pengalaman yang sangat baik bagi kami, karena tidak hanya memberikan pembinaan bagi para pemimpin startup masa depan dalam menjalankan bisnis, tetapi juga memberikan dampak yang berarti bagi wirausahawan mikro. Sebelumnya, kami juga telah berinvestasi pada alumni GVV seperti TaniHub dan Sayurbox. Kami tidak sabar untuk menyambut para startup di angkatan ini.” imbuh Nicko.

Pendaftaran program GVV Batch 4 x Sembrani Wira telah dibuka mulai 8 Juni dan akan berlangsung hingga 27 Juni 2021 melalui grab.com/blog/GVVBatch4xSembraniWira. Peserta dapat melengkapi formulir pendaftaran, lalu akan disaring oleh tim Grab dan BRI Ventures. Pengumuman startup terpilih akan dilakukan pada Juli 2021, dan mereka akan memulai perjalanan empat bulan pelatihan, workshop, dan pengembangan produk.

Secara bersamaan, Grab dan BRI Ventures hari ini juga mengonfirmasi bahwa BRI Ventures menjadi salah satu investor strategis Grab. BRI Ventures adalah perusahaan modal ventura milik Bank BRI, lembaga keuangan mikro terbesar di dunia dan bank digital terkemuka di Indonesia.

“Kami melakukan investasi strategis ke Grab, dimana kami melihat, Grab sebagai salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Asia Tenggara, telah banyak membuka jalan bagi startup dan UMKM untuk lebih maju. Selain itu, hal ini juga sejalan dengan tujuan kami untuk mempercepat inklusi keuangan dan ekonomi digital Indonesia melalui pemberdayaan ekosistem startup. Kolaborasi antara ekosistem UMKM Grab dan jangkauan Bank BRI yang luas di seluruh Tanah Air telah membantu percepatan pengembangkan ekonomi digital di Tanah Air. Dapat dilihat dari sinergi yang selama ini telah dilakukan, dimana membuahkan hasil yang luar biasa,” tutup Nicko.

Tonton juga video di bawah ini:

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru