Jakarta, Selular.ID – Ericsson meluncurkan perangkat lunak komersial 5G Radio Access network (RAN) berdasarkan standar 3GPP 5G new Radio (NR) pertama yang baru disepakati.

Ericsson juga memperkenalkan kategori baru produk radio street macro yang bisa memenuhi kebutuhan operator untuk tumbuh di kota-kota dengan ketersediaan akses radio terbatas.

Jerry Soper, President Direktur Ericsson Indonesia menjelaskan, untuk membantu operator menangkap peluang yang ditawarkan dari pemanfaatan baru teknologi 5G, Ericsson memperluas penawaran 5G core system.

Baca Juga:  LG Dan Intel Berkolaborasi Dalam Teknologi Telematika 5G untuk Mobil

“Perluasan penawaran 5G core system yakni dengan dukungan atas 5G NR dan meningkatkan cloud terdistribusi,” ujar Jerry di sela-sela pameran 5G, di Jakarta (17/04/18).

Jerry menyebutkan selain penawaran 5G core syatem, Ericsson juga menambahkan kategori baru untuk produk radio di tingkat perkotaan, yaitu street macro satu lapis antara macro cell dan micro cell.

Dikatakan Jerry, produk radio ini tidak memakan tempat atau lebih ringgkas ketika ditempatkan pada bagian tertentu dari gedung, namun memiliki kemampuan yang cukup untuk menjaga efisiensi dan cakupan jaringan.

Baca Juga:  Vivo Gandeng China Mobile untuk Pengembangan 5G

Selain itu, Ericsson memperkenalkan produk radio baru yang mendukung teknologi Mimo masif (massive multiple input and multiple output). Produk-produk ini memungkinkan evolusi yang stabil dari 4G menuju 5G dan menjawab kebutuhan akan peningkatan kapasitas.

Baca juga: Ericsson Dukung FET Gerakkan Konektivitas IoT Secara Global

“Gabungan portpolio radio kami dan dukungan 5G untuk radio yang telah digunakan di lapangan akan mendukung evolusi mulai daru 4G menuju 5G untuk operator Indonesia,” tutup Jerry.