Sunday, December 15, 2019
Home News Molor Lagi, Pengaturan Tarif Data Belum Bisa Selesai Tahun Ini

Molor Lagi, Pengaturan Tarif Data Belum Bisa Selesai Tahun Ini

-

Pelanggan DataJakarta, Selular.ID – Industri selular Indonesia sepertinya masih akan terus dihadapkan dengan persoalan perang tarif dimana operator berlomba untuk menghadirkan tarif semurah mungkin. Pasalnya hingga saat ini kemeterian Komunikasi dan Informatika belum mampu menyelesaikan pengaturan mengenai penerapan tarif data oleh para operator.

Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) pernah berjanji akan segera mematangkan formula tarif sesuai amanat pasal 28 UU no.36 tahun 1999 tentang telekomunikasi. Khususnya, revisi PM 9/2008 untuk mengakomodir layanan data dan akhir tahun 2017 ini Peraturan Menteri (PM) tentang formula tarif data ini akan diterbitkan.

Namun ketika dihubungi melalui layanan pesan singkat, I Ketut Prihadi Kresna, Komisioner BRTI, menyampaikan bahwa pengaturan tarif data saat ini masih dilakukan pembahasan internal Kominfo/BRTI, jadi belum dapat diselesaikan tahun ini.

Kami baru menyampaikan konsepnya kepada operator dan masih menunggu masukan dari mereka. Insya Allah dalam Triwulan pertama 2018 sudah bisa rampung,” ungkap Ketut.

Molornya penyusunan formula tarif data ini dikatakan Ketut dikarenakan banyaknya regulasi lain yang disusun dalam waktu yang berbarengan sehingga terkesan lama. Selain itu, detail dari pasal-pasal yang tertuang dalam draft pengaturan juga perlu dicermati dengan baik agar nanti dapat diimplementasikan dengan baik.

Kisruh tarif data yang sudah lama terjun bebas ini, mencapai puncaknya saat Direktur Indosat Ooredoo Alex Rusli, mengirimkan surat kepada Menkominfo Rudiantara (17/7/2017).

Sekedar diketahui, wacana penyusunan formulasi tarif data sebenarnya sudah berlangsung cukup lama. Sejak awal menjabat sebagai Menkominfo, Rudiantara juga menempatkan isu ini sebagai agenda yang akan ia tuntaskan. Bahkan, saat terjadi kasus peretasan terhadap situs Telkomsel pada Mei lalu, BRTI berjanji untuk segera mempercepat perumusan formula tarif data.

Latest