Thursday, October 22, 2020
Home News Social Media Layanan Perpesanan AIM 'tutup usia', Kenapa?

Layanan Perpesanan AIM ‘tutup usia’, Kenapa?

-

aim

Jakarta,Selular.ID – AIM merupakan sebuah layanan perpesanan instan yang dikembangkan oleh AOL. Layanan pesan instan “legendaris” ini sudah mulai beroperasi mulai Mei 1997.

AIM mulai masuk ke Amerika Serikat pada akhir 90’an dan sempat populer hingga pertengahan tahun 2000. Layanan yang paling populer di hampir seluruh Amerika Serikat kini sudah “tutup usia”.

Setelah melayani penggunanya hampir 20 tahun, AIM dikabarkan resmi dihentikan pada 15 Desember 2017. Seperti Selular rangkum dari Softpedia, Minggu (17/12), pihak perusahaan, Oath, tidak memberikan informasi lebih rinci mengenai pemberhentian layanan AIM.

Diduga kuat, layanan AIM ditutup karena jumlah penggunanya yang terus menurun, sementara perusahaan butuh biaya tinggi untuk pemeliharaan infrastruktur.

Seperti yang kita lihat, perkembangan teknologi serta kenaikan jumlah pengguna internet melahirkan beberapa layanan perpesanan instan baru seperti Facebook, Twitter, Google, dan lain-lain.

Kemungkinan besar, pihak AIM tidak dapat berkompetisi bersama para raksasa tersebut diatas. Sehingga penggunanya beralih ke layanan chatting yang lain.

VP of Communication Oath, Michael Albers, mengatakan dalam postingan di Tumblr bahwa selama bertahun-tahun, AIM telah mengantarkan pengguna ke teknologi digital baru dan memicu perubahan budaya.

Latest