Wednesday, October 21, 2020
Home News Social Media CEO Tumblr David Karp Mengundurkan Diri

CEO Tumblr David Karp Mengundurkan Diri

-

Photo by Thos Robinson/Getty Images for WIRED
Photo by Thos Robinson/Getty Images for WIRED

Jakarta, Selular.ID – CEO dan pendiri Tumblr David Karp, yang menciptakan situs blogging lebih dari 10 tahun lalu pada usia 20, mengundurkan diri dari perusahaan.

Dilansir Selular.ID dari The Verge (27/11/2017), dalam sebuah pernyataan dari Oath, konglomerat media milik Verizon, dimana Tumblr bernaung, paska serangkaian penggabungan dan akuisisi yang memusingkan selama empat tahun terakhir.

“David Karp akan meninggalkan Oath akhir tahun ini,” bunyi pernyataan tersebut. “David mendirikan Tumblr 10 tahun silam sebagai ruang bagi kreator dunia, dan kami berterima kasih atas komitmennya untuk mendorong pertumbuhan platform sampai ke hampir 380 juta blog dan lebih dari 155 miliar posting.”

Sejak tahun 2013, Tumblr menjadi properti Yahoo menyusul akuisisi senilai $1,1 miliar yang menempatkan jaringan sosial tersebut dan CEO-nya Karp, di bawah bimbingan CEO Yahoo Marissa Mayer. Empat tahun kemudian, Yahoo dijual ke Verizon yang selesai awal tahun ini serta pengunduran diri Mayer Juni lalu, menjadikan Karp sebagai karyawan Verizon, sebagai bagian dari kombinasi aset AOL dan Yahoo yang kemudian disebut Oath.

Perombakan banyak di perusahaan itulah yang mungkin membuat Karp akhirnya mengundurkan diri, meski tidak diketahui kenapa dia meninggalkan perusahaan atau apa yang akan dia lakukan sekarang.

Paska Karp, Chief Operating Officer Tumblr Jeff D’Onofrio mengambil alih posisi Karp. D’Onofrio akan memimpin Tumblr sebagai CEO tetapnya.

Karp, dalam sebuah catatan yang dikirim ke rekan-rekannya di Tumblr, mengatakan bahwa “keputusan tersebut muncul setelah berbulan-bulan refleksi atas ambisi pribadi saya, dan tanpa mengurangi harapan saya akan masa depan Tumblr atau dampak yang diciptakannya.”

Dia lanjut mengatakan, “Internet berada di persimpangan jalan dimana tim ini bisa memainkan peran mendasar dalam pembentukannya.”

Terlepas dari motif dasarnya, pengunduran diri Karp menandai akhir dari sebuah era bagi Tumblr, yang menjadi raksasa blogging dan menjadi rumah bagi pribadi-pribadi netizen yang unik selama kebangkitan insternet mainstream Facebook.

Latest