Tuesday, June 18, 2019
Home News Social Media Google: 86% Pengguna Indonesia Akses Internet dari Smartphone

Google: 86% Pengguna Indonesia Akses Internet dari Smartphone

-

IMG_20171221_103229
Jakarta, Selular.ID – Berkat pembangunan infrastruktur di sana sini dan semakin membaiknya perangkat selular zaman now, membuat penetrasi internet di Indonesia meroket. Google mencatat sebanyak 86% pengguna internet Indonesia yang mengakses dari smartphone.

Hal itu diungkap Google Indonesia dalam acara Year End Media Gathering di Jakarta. Google mengungkap 10 Fakta Menarik terkait penggunaan internet di dunia dan Indonesia selama 2017.

Jason Tedjasukmana, Head of Corporate Communication Google Indonesia, mengatakan bahwa survei perusahaannya dilakukan secara global dari 63 negara dengan sekitar 80.000 responden.

“Secara global, lebih dari 50% sudah online di smartphone dan penetrasi internet mobile sekarang sudah mencapai 76% dengan negara tertinggi adalah Arab Saudi 98% dan terendah Ukraina 51%,” papar Jason di acara Media Gathering di Jakarta (20/12/2017).

Indonesia dimana?

Penggunaan internet di Indonesia usia 16 tahun ke atas, dikatakan Jason, meningkat menjadi 56% tahun ini dari 29% di tahun 2013, dimana survei ini dimulai.

Penggunaan harian pun meningkat dari 49% menjadi 79%.

“Khusus dari smartphone, pengguna internet meningkat menjadi 86% tahun ini. Itu artinya, masih ada 14% pengguna smartphone yang belum mengakses internet di Indonesia,” ungkap Jason.

Lebih lanjut Jason memaparkan persentase pengguna smartphone dari seluruh populasi pelanggan selular Indonesia mencapai 60%.

“Menariknya, jumlah perangkat yang terhubung sekarang 1,1. Jadi setiap orang punya lebih dari 1 perangkat atau setidaknya 1 perangkat,” ujar Jason.

Tren streaming video di Indonesia melonjak tahun ini. Sebanyak 56% penonton video menonyon dari perangkat mobile.

Aktivitas browsing pun menunjukkan kecenderungan yang sama. Penelusuran internet menggunakan perangkat mobile melonjak 57% sementara pengguna media sosial dari smartphone mencapai 80%.

LIVE BLOG: PELUNCURAN OPPO RENO

Oppo Reno series mengedepankan kamera, performa dan juga daya tahan tahan baterai.

Latest