Thursday, September 19, 2019
Home News Jakarta Tidak Lagi Jadi Pusat Belanja Online

Jakarta Tidak Lagi Jadi Pusat Belanja Online

-

Henky Prihatna, Head of E-Commerce Google Indonesia
Henky Prihatna, Head of E-Commerce Google Indonesia
Jakarta, Selular.ID – Aktivitas belanja online yang tadinya berpusat di Jakarta sekarang telah beralih ke kota-kota besar lainnya di Indonesia seperti Surabaya dan Medan.

Riset terbaru yang dilakukan Google dan Gfk menunjukkan bahwa persentase belanja online tertinggi berada di Surabaya sebanyak 71 oersen lebih. Jakarta hanya memberikan persentase sebesar 66 persen saja. Sedangkan Medan sebesar 68 persen.

Henky Prihatna, Head of E-Commerce Google Indonesia menyampaikan riset ini dilakukan pada awal 2017 dengan metode cross media link partner.

Jika dilihat dari waktu yang dihabiskan untuk berbelanja online, warga Jakarta (4,7 jam) juga tidak menempati posisi pertama karena warga Surabaya (5,8 jam) dan Bodetabek (5,2 jam) berbelanja online lebih lama.

“Untuk jadi kekuatan ekonomi digital maka pelaku e-commerce harus juga menyasar masyarakat di luar Jakarta dan Jawa. Mereka harus membuat strategi nation wide” jelas Henky .

Riset ini juga mengungkapkan masa depan belanja online yang akan semakin marak dimana perangkat selular menjadi bagian penting dari cara orang Indonesia berbelanja online.

“Konsumen kini semakin tahu apa yang mereka inginkan. Meskipun fakta baru ini menyuguhkan tantangan tersendiri, jika pelaku usaha dapat menyediakan informasi relecan dan bermanfaat di perangkat selular saat konsumen membutuhkannya, maka mereka akan sukses di era selular ini,” tandas Henky.

Latest