Wednesday, June 19, 2019
Home Fokus Bulan Puasa Ubah Kebiasaan Bertanya di Google

Bulan Puasa Ubah Kebiasaan Bertanya di Google

-

Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia, (Foto: Choi/Selular)
Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia, (Foto: Choi/Selular)

Jakarta, Selular.ID – Ramadan adalah salah satu momen spesial. Melewati pekan pertama puasa, tingkat penggunaan internet, khususnya melalui situs pencarian Google, menyembulkan hasil pencarian yang berbeda dari hari biasa. Google Trends Indonesia mencatat kata-kata kunci tertinggi selama momen istimewa bagi umat muslim tersebut.

“Selama bulan Ramadhan ini, ada perubahan dalam bertanya,” ujar Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia. Hal ini berdasarkan dari kebutuhan user sendiri selama menjalani rutinitas puasa sebulan penuh.

Pihak Google mengakui bahwa pencarian di Google, kadang bisa memberi gambaran tentang hal-hal yang paling menarik perhatian netizen saat momen spesial seperti Ramadan. Google Indonesia pun merilis tiga kata kunci terpopuler selama pekan pertama Ramadhan 2015. Antara lain “Jadwal buka puasa hari ini”, “Game untuk ngabuburit”, dan “Video yang ditonton untuk ngabuburit”.

Sementara bila kita menengok hasil pencarian populer tahun lalu, tidak ada perbedaan kata-kata kunci yang selalu diandalkan oleh pengguna dunia maya. Berikut kata yang paling dicari netizen Indonesia selama Ramadhan sampai lebaran 2014:
1. “Jam buka hari ini”
2. “Tol dalkot macet nggak”
3. “Restoran dekat sini”
4. “Menu sahur sehat”
5. “Resep kue kering lebaran”
6. “Maher zein”
7. “Lagu religi”
8. “Doa berbuka puasa”

Latest