Tuesday, June 2, 2020
Home News Keamanan Publik Merupakan Kunci Menuju Smart City

Keamanan Publik Merupakan Kunci Menuju Smart City

-

Safe City Summit
Safe City Summit

Jakarta, Selular.ID – Asia Pasifik akan menghadapi perkembangan pesat dari prakarsa smart city pada 10 tahun mendatang. Banyak pihak yang sedang fokus pada manfaat penghematan biaya dan manfaat efisiensi yang bisa didapatkan dari teknologi yang digunakan. Menurut survey yang dilakukan selama Safe Cities Asia Summit di Singapore bulan Mei lalu, menunjukkan bahwa upaya untuk membuat kota aman bagi masyarakatnya agar dapat hidup dan bekerja menjadi pertimbangan utama di dalam perencanaan kota pintar.

44 persen dari responden survey berharap negara mereka berinvestasi lebih dari US$100 juta di bidang inisiatif keamanan publik dalam 2 tahun kedepan. Dari investasi tersebut, 24 persen diharapkan untuk dialokasikan pada teknologi pengintaian (surveillance), 19 persen ditargetkan untuk analisa big data dan 19 persen lainnya untuk teknologi mobile dan jaringan.

Lebih lanjut, keamanan publik dan masyarakat dinilai sebagai prioritas utama para responden, diikuti oleh transportasi dan infrastruktur kota, serta perkembangan Internet atau kemampuan IT. Investigasi kejahatan, pelayanan transportasi dan lalulintas, serta keamanan dunia maya adalah tiga isu keamanan public teratas yang menurut responden perlu segera dibenahi di negara mereka. Kurangnya harmonisasi antara badan pemerintah menjadi faktor utama yang menghambat implementasi proyek keamanan publik.

Tony Field, Senior Director Hitachi Data Systems’ Social Innovation Business Unit untuk Asia Pasifik, mengatakan, “Survey menunjukkan bahwa banyak negara-negara di Asia Pasifik yang ingin mengimplementasikan solusi teknologi yang memiliki dampak dan makna yang terukur di bidang keamanan publik. Meskipun keinginan untuk berinvestasi pada solusi teknologi di bidang keamanan publik dapat terlihat jelas di antara para responden, namun penghalang utamanya adalah kegagalan dan mengadopsi pendekatan terpadu yang selaras terhadap inisiatif di bidang keamanan publik, padahal pendekatan yang terpadu dan selaras menjadi pintu masuk bagi kota agar mendapatkan gambar holistic tunggal dari kejahatan di kota mereka.”

“Beberapa pemerintah kota di Indonesia sudah melakukan inisiatifnya masing – masing dan bergerak menuju implementasi smart city. Isu keamanan publik di kota–kota besar di Indonesia juga menjadi sesuatu yang meresahkan masyarakat. Solusi teknologi di bidang keamanan publik sudah selayaknya dipertimbangkan oleh pemerintah kota yang ingin menegakkan ketertiban umum dan keamanan masyarakatnya, dan sebagai awal perencanaan menuju smart city yang terpadu”, ungkap Suresh Nair, Managing Director HDS Indonesia.

TERBARU

Lonjakan Trafik Selama Masa Pandemi Tidak Membahayakan Lingkungan

Jakarta, Selular.ID - Lalu lintas jaringan yang meningkat selama tindakan penguncian Covid-19 (corona virus)...

Triasmitra Menangkan Kasus Perusakan Kabel Fiber Optik Bawah Laut

Jakarta, Selular.ID – PT Ketrosden Triasmitra (Triasmitra) berhasil memenangkan kasus pengrusakan sistem komunikasi khususnya...

Dorong Vendor Tingkatkan Produksi, India Melonggarkan Kebijakan Ponsel

Jakarta, Selular.ID - India membuat langkah besar menuju insentif dan memperluas produksi lokal dari...

Latest