Beranda Buyer's Guide Mengapa Jack Headphone Lenyap dari Smartphone?

Mengapa Jack Headphone Lenyap dari Smartphone?

-

razer-phone
Jakarta, Selular.ID – Tahun ini kita melihat dua tren baru di dunia smartphone: bezel tipis di layar 18:9, dan lenyapnya jack headphone. Ya, tren kedua memaksa pengguna untuk membuang headphone lawasnya dan move on ke headphone baru dengan konektor Lightning atau USB-C. Atau, menggunakan ekstra dongle yang menghubungkan jack headphone 3,5mm lawas Anda ke smartphone baru.

Belum banyak vendor yang mengadaptasi hal itu, tapi tren terlihat meluas. Salah satu vendor yang melakukannya adalah Razer. Model terbaru Razer Phone tidak memiliki konektor 3,5 mm dan bahkan tidak memiliki ketahanan terhadap air.

Respon pertama pengguna selalu sama pada setiap model baru yang keluar tanpa jack headphone, “Oke, kenapa? Mengapa smartphone ini perlu melenyapkan headphonenya?”.

Jika Anda termasuk orang yang penasaran kenapa sebagian vendor mengambil langkah tersebut, berikut pernyataan CEO Razer Min-Liang Tan yang memposting di Facebook untuk menjelaskan mengapa produsen membuat pilihan seperti itu.

Mr Tan mengungkapkan bahwa keuntungan terbesar dari lenyapnya jack audio 3,5mm adalah tambahan 500mAh pada baterai. Hal itu tentu mengesankan dan menambah energi Razer Phone hingga 4.000mAh, kapasitas yang layak guna memberi daya kepada Snapdragon 835 dengan RAM 8GB dan layar QHD (1440×2560).

Headphone-Jack
Tapi dia juga menjelaskan bahwa pada boks penjualan Razer terdapat dongle yang support file audio kualitas tinggi DAC 24-bit built-in di dalamnya, sehingga memberi output audio menawan bagi audiophile.

Sepertinya alasan itu penting untuk disebutkan karena mungkin Razer tidak memiliki ruang untuk DAC di dalam kerangka smartphone.

Bagaimana menurut Anda, apakah ekstra baterai 500mAh dan dongle DAC cukup untuk meredam kekecewaan Anda karena tidak adanya jack 3,5mm?

Artikel Terbaru