IMG_20171110_163843

Jakarta, Selular.ID – Youtube beberapa waktu lalu telah meluncurkan aplikasi Youtube Go tepatnya pada September 2017.

Menurut Fibriyani Elastria, Head of Consumer Marketing Google Indonesia aplikasi ini mendapat respon cukup bagus, selama dua bulan aplikasi ini sudah diunduh 700 ribu.

“Ini pencapain yang cukup baik, dengan aplikasi ini pengguna tidak khawatir akan kuota ketika harus melihat Youtube” kata Fibriyani di Sela-sela pembukaan Youtube Fanfest 2017.

Dikatakan Fibriyani, Youtube Go dibekali berbagai fitur untuk menghemat paket data internet. Salah satunya, Youtube Go bisa melakukan preview video dalam bentuk slideshow (seperti file presentasi). Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan gambaran seperti apa video yang bakal ditontonnya.

Tidak hanya itu Youtube Go ditujukan untuk memaksimalkan performa Youtube di daerah yang kecepatan internetnya kurang baik. Sama seperti aplikasi Youtube standar, Youtube Go memiliki fungsi utama untuk streaming video.

Pengguna juga bisa mengunduh video yang ada melalui Youtube Go, dan menontonnya di kemudian hari. Fitur ini membuat pengguna hanya menggunakan data internet sekali saja.

Menariknya lagi, pengguna bisa melihat dan memilih ukuran video yang akan diunduh. Jika ingin menghemat data, unduh saja video yang ukurannya paling kecil, namun risikonya resolusi gambar akan lebih rendah.

Sebelum mengunduh, Youtube Go akan memberi tahu, berapa besar kapasitas penyimpanan yang masih tersedia di smartphone. Ada pula kemampuan untuk mengirimkan video yang sudah diunduh ke ponsel lain dengan memanfaatkan Bluetooth.

“Banyak yang suka takut dengan kuota data yang terkuras kalau membuka video di YouTube. Apalagi untuk pengguna di daerah luar Jakarta yang koneksinya belum terlalu baik,” Fibriyani menuturkan