Best Secure SmartphoneJakarta, Selular.ID – Salah satu fitur yang sangat diinginkan oleh para pengguna smartphone saat ini adalah adanya fitur keamanan yang mampu melindungi penggunanya dari penyalahgunaan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Hal ini tentunya sangat wajar mengingat saat ini sebagian besar aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat di era digital ini menggunakan smartphone. Mulai dari sekedar bersosialisasi di dunia maya (Sosial Media) hingga untuk menujang aktivitas pekerjaan seperti mengirim email dan sebagainya.

Untuk mengakomodir kebutuhan ini, vendor smartphone pun menghadirkan fitur-fitur yang terkait pengamanan untuk smartphone milik penggunanya. Mulai dari fingerprint hingga face recognition.

Memang harus diakui dari beberapa smartphone yang memiliki fitur keamanan, masih ada beberapa yang harus ditingkatkan lagi seperti biometri pengenalan wajah.

Namun demikian beberapa samrtphone yang memiliki fitur keamanan ini patut diacungi jempol usahanya untuk memberikan perlindungan lebih kepada penggunanya

Advan A8

Smartphone besutan Advan ini menawarkan privacy data protector yang memungkinkan pengguna dapat menyimpan semua data rahasia di dalam smartphone.

Fitur Advan Security mampu mengenkripsi data sehingga aktivitas seperti belanja online melalui smartphone menjadi lebih aman.

Advan A8 juga dilengkapi fitur anti theft. Jadi ketika perangkat anda hilang bias dilacak dan dilock dari jauh. Selain itu, fitur ini juga bias me-wipe data yang ada di samrtphone dari mana saja.

Smartphone premium dari Advan ini juga dilengkapi dengan fingerprint dan face unlocker dengan tingkat keakuratan pengenalan wajah yang tinggi.

Untuk mengetahui siapa yang suka meng-kepo perangkat kamu, bias dijebak dengan selfie intruder. Kamera akan secara diam-diam mengambil foto secara otomatis ketika ada yang gagal berusaha membuka password smartphone anda

LG Q6

Seri Q merupakan lini smartphone terbaru yang diperkenalkan LG mulai tahun ini. untuk menambah kemudahan dalam pengoperasiannya, LG mengimbuhkan fitur Face Recognition yang membuat pengguna dapat membuka kunci smartphone ini cukup dengan membuat LG Q6 mengenali wajah penggunanya.

Fitur ini membuat penggunanya dapat mengaktifkan Q6 melalui mode pengenalan wajah. Kita tak perlu menyentuh atau menekan tombol apa pun untuk mengaktifkannya. Cukup menghadapkan layar Q6 pada wajah pengguna, smartphone ini mengenalinya dan segera terbuka (unlock), serta siap digunakan.

Uniknya, vendor asal Korea Selatan ini menghilangkan finger print dan menggantinya dengan Face Unlock.

Fitur ini face unlock semakin istimewa, karena mampu mengaktifkan LG Q6 bahkan saat layar benar-benar dalam keadaan standby. Di sisi lain, kamera Q6 baru akan aktif, saat pengguna mengangkat dan menghadapkan smartphone ke wajahnya sehingga meminimalisasi kebutuhan daya. Seluruh proses tersebut dapat berjalan rata-rata kurang dari satu detik.

BlackBerry Aurora

BlackBerry Aurora ini menjalankan OS Android 7.0 Nougat sehingga memberikan penggunanya akses ke seluruh aplikasi yang ada di Google Play Store.

Yang benar-benar membedakan antara smartphone BlackBerry dengan perangkat Android lainnya adalah fitur keamanannya.

Dengan aplikasi preloaded DTEK, Aurora menawarkan keamanan dan perlindungan terus-menerus akan OS dan aplikasi Anda dengan memberi informasi saat privasi dapat terpapar bahaya dan bagaimana Anda dapat mengambil tindakan untuk memperbaikinya.

Aplikasi keamanan BlackBerry ini dapat memonitor aplikasi lainnya, mengingatkan Anda apabila ada aplikasi yang sedang menggunakan kamera untuk mengambil foto atau video, menyalakan mikrofon, mengirim pesan ataupun mengakses kontak dan lokasi.

BlackBerry Aurora memiliki layar sentuh berukuran 5.5” serta memori 4GB RAM. Menggabungkan teknologi modern dengan kecepatan jaringan 4G LTE, layar lebar HD 720p dan memori sebesar 4GB.

Pada bagian inti smartphone BlackBerry dilengkapi prosesor Qualcomm Snapdragon 425 Quad-Core 1.4GHz dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh Li-ion – yang memberikan perangkat ini kinerja dan konektivitas selama 30 jam.

Best Editor’s Choice: Advan A8

Best Secure Smartphone

Sebagai vendor local, inovasi fitur keamanan yang dihadirkan oleh Advan ini sangat layak untuk diapresiasi.

Bukan hanya menawarkan fingerprint dan face unlocker, Advan A8 mempunyai beberapa fitur keamanan lainnya seperti Anti Theft, Selfie Intruder, Apps Lock, Privacy Data Protector, dan juga Guest Mode